Ini 5 Cara Supaya Sejahtera Saat Pensiun

505 views

Bahagia di masa pensiun (ilustrasi)

Setiap orang akan melewati fase usia dalam kehidupanya. Dari mulai usia masih muda hingga menjelang usia tua. Saat masih muda, seseorang dituntut untuk menjadi pribadi yang produktif dengan memperoleh pendidikan dan bekerja.

Pada saat masih muda pulalah, seseorang harus bekerja keras untuk mempersiapkan masa depan dan masa tuanya nanti. Dalam proses tersebut, mereka harus mulai memerhatikan tentang dana pensiun agar kelak masa tuanya lebih aman dan terjamin.
Menghitung Dana Pensiun/Ilustrasi© corbis.com Menghitung Dana Pensiun/Ilustrasi

Jika Anda merupakan seorang pekerja atau memiliki usaha yang sedang dijalankan, ada baiknya mulai merancang masa pensiun sejak dini. Anda bisa memulainya dengan memaksimalkan tabungan dan investasi. Jangan sampai menjelang masa pensiun nanti, Anda masih saja bekerja keras sementara produktivitas sudah mulai menurun.

Sebelum masa itu tiba, persiapkan pensiun yang sejahtera secara maksimal dengan cara berikut ini.

Pertama, Alokasikan 20 persen Pendapatan untuk ditabung dan mulailah hidup hemat. Kata menabung dan hemat adalah dua kata bijak yang selalu hadir ketika membicarakan tentang mengatur keuangan. Bila berniat untuk mempersiapkan dana pensiun sejak dini, Anda wajib untuk menyisihkan uang dalam bentuk tabungan dan menjalankan pola hidup hemat.

Buatlah jadwal di setiap bulanya untuk mengalokasikan minimal 20 persen pendapatan untuk tabungan. Usahakan menabung secara rutin. Bila perlu, buatlah alarm khusus setiap tanggal gajiansupaya tidak lupa menabung. Hindari sebisa mungkin mengeluarkan uang hanya untuk memuaskan keinginan. Pilih mana yang kebutuhan dan mana yang sekadar keinginan.

Kedua, susun daftar budget kebutuhan. Sudahkah Anda membuat anggaran kebutuhan setiap bulannya? Mungkin jawaban masing-masing orang akan berbeda. Orang yang pandai mengatur keuangannya tentu tidak akan lupa untuk membuat daftarbudget kebutuhan.

Dalam daftar budget tersebut, ada data keuangan yang membantu Anda dalam mengambil keputusan untuk membeli atau tidak membeli sesuatu. Bagi yang belum pernah membuat daftarbudget kebutuhan, cobalah untuk membuatnya dengan sederhana.

Catatlah kebutuhan apa saja yang diperlukan setiap bulannya. Sebelum berbelanja, coba lakukan pengecekan, apakah ada yang tidak terlalu dibutuhkan? Jika ada, tiadakan hal tersebut dari daftarbudget dan sisihkan untuk dana pensiun.

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.