Memulai Hidup Sehat dengan Mengukus Sayuran

123 views

Ilustrasi. (Foto: ImagesBG/Pixabay)

Jakarta | Populinews.com — Sayuran dapat dikonsumsi dengan beragam cara, salah satu metode yang kerap dilakukan agar sayuran bisa dilumat dengan mudah adalah merebus. Teknik merebus digunakan untuk melembutkan tekstur tanpa repot-repot.

Namun tanpa disadari, merebus sayuran justru bisa ‘membawa lari’ nutrisinya bersama dengan air.

Mengutip NDTV Food, salah satu sayuran misal bayam memiliki vitamin larut air sehingga merebusnya hanya akan menghilangkan nutrisi.

Untuk itu, cara yang tepat untuk memperoleh sayuran dengan tekstur lembut tetapi nutrisi tak banyak hilang adalah dengan mengukus.

The Kitchn memberikan dua kunci dalam mengukus sayuran yakni, ukuran dan waktu.

Sebelum mengukus pastikan sayuran yang akan dikukus dipotong-potong dalam ukuran yang kurang lebih sama. Tujuannya agar sayuran dapat matang dalam waktu bersamaan.

Sebenarnya Anda bisa mencampurkan beberapa jenis sayuran jadi satu. Namun perlu diperhatikan jenis sayuran yang lebih tipis atau sedari awal memang teksturnya tidak begitu keras contohnya, brokoli akan lebih cepat empuk daripada wortel.

Mengukus sayuran pun tak memerlukan waktu lama, karena ada sayuran yang hanya memerlukan waktu kukus tiga menit. Namun ada pula sayuran yang keras sehingga perlu waktu lebih lama.

Contohnya bayam dan kacang polong biasa memerlukan waktu tiga menit. Sedangkan Brokoli, kembang kol, dan kacang panjang sekitar 5-7 menit. Wortel, kentang, lobak dan labu bertekstur keras sehingga perlu waktu 8-20 menit.

Mengukus sayuran agar lebih lezat saat dikonsumsi

Sayuran rebus lebih nikmat dikonsumsi selagi hangat. Namun sayuran akan lebih nikmat lagi jika ada ‘bumbu rahasia’ tambahan.

1. Rempah

Daun parsley, thyme atau dill akan semakin membuat sayuran memiliki aroma yang menyenangkan. Cukup cincang daun dan taburkan di atas sayuran yang sudah matang.

Untuk rempah ala Indonesia, Anda bisa menggunakan bawang putih atau jahe. Jahe tepat dipotong-potong kemudian diletakkan di bawah sayuran saat proses pengukusan. Sedangkan bawang putih tepat digunakan untuk bumbu tumis sayuran.

2. Minyak zaitun

Sayuran kukus pun bisa saja dibaluri salah satu jenis minyak zaitun untuk menambah citarasa.

3. Serba asam

Lemon akan berjodoh untuk jenis sayuran seperti brokoli, kacang panjang dan lobak. Cukup parut kulit lemon atau potongan lemon sebelum pengukusan. Perasan lemon pun bisa ditambahkan pada air rebusan.

Untuk sayuran dengan rasa manis seperti kentang dan wortel, anggur merah atau cuka bakal lebih mengeluarkan rasa manis mereka. Untuk itu, campurkan sebelum proses pengukusan. (red)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.