Fokus Ibadah Saat Ramadhan, Disdik Sumsel Kurangi Jam Belajar

29 views

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Drs Widodo, MPd

Palembang | Populinews.com — Guna memberikan waktu lebih bagi para siswa yang akan menjalankan ibadah puasa selam buan Ramadhan 2019, Dinas Pendidikan Sumatera Selatan akan mengefektifkan waktu belajar dan akan fokus terhadap pelaksaaan ibadah puasa bagi yang akan melaksanakannya.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Drs Widodo, MPd  menjelaskan, ada pemangkasan jam belajar siswa selama bulan suci Ramadhan yang akan tiba dalam hitungan hari lagi.

Lebih lanjut Widodo menjelaskan, selama Ramadhan Dinas Pendidikan akan mengefektifkan waktu belajar, artinya waktu belajar siswa akan lebih sedikit ketimbang hari biasanya. Pemangkasan jam belajar sendiri akan dilakukan selama 10 menit setiap mata pelajaran.

“Kita nantinya akan melakukan pemangkasan sekitar 10 menit perjam mata pelajaran, sehingga nantinya siswa akan lebih banyak waktu untuk melakukan hal yang berkaitan dengan ibadah Ramadhan,” jelas Widodo, Selasa (23/4/2019).

Widodo juga menambahkan, selama masa Ramadhan sebaiknya pihak sekolah bisa lebih meningkatkan kegiatan keagamaan di sekolah masing-masing, sehingga nanti pada saat usai Ramadhan para siswa akan lebih banyak mendapatkan pengetahuan tentang ilmu keagamaan. Lalu kepada siswa diharapkan dapat memanfaatkan waktu selama Ramadhan secara baik dengan melakukan berbagai hal yang bisa menambah amal sembari melaksanakan kewajiban berpuasa.

“Mungkin sekolah bisa saja mengatur apa saja yang akan diprogramkan selama bulan Ramadhan, bisa pesantren kilat atau kegiatan positif lainnya yang bisa yang bisa berdampak langsung kepada siswa,” tutupnya (adi)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.