Kabupaten Lahat Berhasil Capai Surplus Beras

59 views

Hamparan padi menguning di sawah lereng Gunung Jempol kabupaten Lahat

LAHAT | Populinews.com – Kabupaten Lahat berhasil mencapai surplus bahan pangan beras berkat program bantuan bibit padi serta subsidi pupuk dari pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian, yang gencar dilakukan setahun terakhir.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Lahat

Kepala Dinas Pertanian Lahat  Ir. Agustia Budiman MM melalui Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Lahat Ahmad Firdaus, SP. MM, kepada awak media pada hari Selasa (7/5/2019) di ruang kerjanya, mengungkapkan surplus beras, hampir merata di Kabupaten Lahat.

Dikatakan daerah-daerah penghasil beras terbanyak di Kabupaten Lahat yaitu daerah Mulak, Kota Agung, Pagun dan Kikim.

Firdaus juga menerangkan bahwa bantuan bibit padi diberikan kepad apetani setahun sekali secara bergantian. Selain itu ada juga subsidi pupuk dari pemerintah, dan adanya bantuan perlatan pertanian lain secara bertahap.

Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi adanya surplus beras ini adalah ketersediaan air untuk irigasi,ketersediaan pupuk,adanya bibit dan harga beras stabil yang secara otomatis memberikan semangat untuk para petani agar terus menanam padi.

Beliau juga berharap agar petani selalu meningkatkan produksi dan produktivitas dari hasil panen padi yang ada.Produksi ini yang berarti hasil panen dan produktivitas yang berarti mutu panen sehingga akan terus meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Lahat.

“Untuk para petani di harapkan terus bersemangat dalam meningkatkan produk dan produktivitas hasil panen sehingga beras surplus di Kabupaten Lahat dan untuk meningkatkan kesejahteraan untuk para petani itu sendiri.”harapnya

Sedangkan untuk pola padi secara organik di Kabupaten Lahat ini belum begitu berkembang karena adanya banyak kendala diantaranya harga yang cukup tinggi, bangsa pasar yang kurang dimasyarakat,pemasaran serta perawatan yang cukup sulit untuk para petani.

“Untuk para petani agar terus menggunakab pola budi daya yang tepat guna agar memperoleh hasil produksi dan produktivitas yang bagus sehingga surplus beras di Kabupaten Lahat terus ada.” ujarnya. — Rochmi

Posting Terkait