Pastikan Harga Stabil, Bupati Lahat Tinjau Pasar PTM Square dan Pasar Lematang

45 views

LAHAT | Populinews.com – Bupati Lahat Cik Ujang, SH bersama unsur Forkompimda,  Selasa (07/05), meninjau pasar PTM Square Lahat dan Pasar Lematang, guna memastikan kestabilan harga bahan pokok selama  Ramadhan 1440 Hijriah.

Ikut mendampingi, antara lain Wakil Bupati Lahat H. Hariyanto, SE. MM. MBA, Sekda Drs.H.Masroni, MM, Kapolres AKBP Ferry Harahap beserta jajaranya, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, dan beberap apejabat staf lainnya.

Bupati Cik Ujang, SH mengungkapkan inspeksi ke pasar tradisional dilakukan untuk memastikan ketersediaan barang di pasar dan harga-harga bahan pokoknya. Adapun sampai saat ini harga yang melonjak tinggi cuma bawang putih dikarenakan kurangnya stok barang di pasar.Selain itu harga bahan pokok lain masih terbilang terjangkau untuk masyarakat.

Untuk bhan pokok lain termasuk daging dan sembako harga masih stabil.Dilanjutkanya bahwa pemerintah akan membuka pasar murah pada pertengahan bulan Ramadhan nanti untuk lebih menstabilkan harga pasar.

“Untuk para agen sembako ataupun bahan pokok lain di hombau agar jangan menimbun barang yang nantinya akan menimbulkan melonjaknya harga-harga barang tersebut dan akan memberatkan masyarakat,” ujarnya

Sedangkan Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap,SIK mengatakan bahwa dalam operasi pasar kali ini di ketahui untuk bahan pokok dan sembako lain barang yang masih tersedia dengan normal dan harga masih stabil.Akan tetapi bawang putih yang mengalami lonjakan harga terlalu tonggi yang berkisar antara Rp.80.000,- karena berkurangnya stok barang yang ada.

Disampaikannya pihak pemerintah juga bekerja sama dengan satgas pangan yang terus bekerja untuk membantu mengecek dimana sumbatan-sumbatan yang mempengaruhi harga pasar.Dan untuk sementara harga masih terjangkau dan di harapkan untuk masyarakat agar lebih pintar dalam mencari dimana harga bahan pokok yang lebih murah.

Sementara Plt Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat Drs.Sukaca,MM mengutarakan bahwa sudah di ketahui bersama bahwa cuma bawang putih yang mengalami kenaikan harga secara signifikan.Dan hal ini fi pengaruhi kurangnya stok barang di pasar.Untuk mengatasi permasalahan harga-harga bahan pokok di pasar dinas perdaganagn sudah menjalin kerjasama dengan pihak bulog yang nantinya akan mengadakan operasi pasar dan pasar murah pada pertengahan bulan nanti.

Di samping itu pihak  Dinas Perdagagan sudah mempunyai  tim khusus yang terus memantau perkembangan harga pasar dan dilaporkan seminggu sekali.Beliau berharap dengan adanya operasi dan pasar murah yang akan dilaksanakan akan menstabilkan harga dan kumlah stok barang yang ada di pasar.

“Mudah-mudahan setelah diakannya operasi pasar nanti akan mempengaruhi serta ikut menstabilkan harga pasar dan ketersidaan jumlah barang bahan pokok di pasar,” harapnya. — Rochmi

Posting Terkait