Desa Sidomulyo Muara Enim Uji Coba Tanam Buah Kurma

82 views

MUARA ENIM | Populinews.com — Uji coba dilakukan Kepala Desa (Kades) Sidomulyo, Kecamatan Gunung Megang, Surono menanam biji buah kurma di tanah desanya. Apabila uji coba ini berhasil, maka buah kurma yang biasa tumbuh di tanah Arab ini akan menjadi icon Desanya.

Menurut Surono, inisiatif ini tergolong nekad karena baru setahun ini bibit kurma ditanam untuk uji coba.

“Kita tidak mencontoh ditempat lain, tapu kita punya keyakinan Kurma akan mampu berubah disini dan akan dapat dijadikan ikon desa kita ini,” kata Surono, Sabtu (29/06/2019).

Untuk mendapatkan bibit buah kurma, lanjut Surono, pihaknya telah memesan bibit Kurma dari negara Thailand untuk dikembang biakkam di tanah desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim.

Harapannya, pembibitan buah Kurma Thailand ini akan menjadi inovasi percontohan bagi Desa lain sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat yang selama ini hanya berpaku pada kelapa sawit, karet, dan padi semata.

“Inovasi ini kita harapkan berhasil dan akan mampu menjadikan Sidomulyo sebagai contoh Desa inovasi terbaik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui BUMdes yang mana nanti hasil dari inovasi ini akan dikelola secara bersama-sama antara pemerintah Desa, BPD, TP PKK, dan karangtaruna,”imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Muara Enim, H Juarsah SH melihat kondisi lingkungan Desa Sidomulyo mengapresiasi pemerintah Desa, dan masyarakat yang telah bergotong royong membangun desanya.

Menurut Juarsah, apa yang sudah dilakukan oleh desa ini mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat. Namun, pemerintah daerah turut mendorong keberhasilan Desa Sidomulyo hingga ke tingkat nasional.

“Pemerintah Kabupaten Muara Enim mendukung penuh inovasi yang sudah dilakukan masyarakat Sidomulyo, dan mudah-mudahan bisa dicontoh desa-desa lainnya,” terang Juarsah. (Deri Zulian)

Posting Terkait