Bupati Muara Enim Ajak Jamin Pemenuhan Hak Anak

103 views

MUARA ENIM | Populinews.com – Peringatan Hari Anak bertujuan untuk menjamin pemenuhan hak anak untuk hidup dan tumbuh kembang. Hal tersebut disampaikan Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM saat membuka acara Hari Anak Nasional, bertempat di Gedung Kesenian Muara Enim, Rabu (28/08/2019).

“Anak berhak atas tumbuh kembangnya, sesuai dengan harkat dan martabatnya. Serta medapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” ujarnya.

Lanjutnya, tema peringatan hari anak adalah kualitas keluarga penopang perlindungan anak, dapat dipahami ini harus ada peran aktif dari individu, keluarga serta lingkungan terhadap anak.

“Semuanya berperan terhadap kualitas hidup anak tersebut. Itu dapat dicapai dengan peningkatan kualitas pengasuhan terhadap anak,” bebernya.

Oleh karena itu, anak harus menjadi fokus utama dan prioritas utama pembangunan dan menjadi subjek pembangunan.

“Karena anak adalah aset masa depan, kuatnya negara tergantung dari kualitas anak,” terangnya.

Lanjutnya, forum anak adalah salah satu sarana untuk me jembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dan anak anak.

“Untuk pemenuhan hak partisipasi anak guna menyuarakan ide dan gagasan terkait kepentingan anak,” ulasnya.

Dirinya menegaskan, pemerintah dan pemangku kepentingan berkomitmen untuk meningkatkan upaya sinergis dalam pemenuhan hak anak.

“Marilah bersama menciptakan kabupaten yang ramah anak yang memberikan ruang untuk berkreasi dan berinovasi,” tukasnya. (Deri Zulian)

Posting Terkait