25 Calkades Se-Kecamatan Ujanmas Gelar Deklarasi Damai

34 views

Penandatanganan deklarasi damai

MUARA ENIM | Populinews.com — Pemerintah kecamatan Ujanmas bersama dengan Koramil, dan Polsek Gunung Megang menggelar Deklarasi Damai bersama 25 calon kepala desa dari 6 desa yang ikut serta Pilkades serentak di bulan ini. Deklarasi yang dihadiri oleh Camat Ujanmas Sugiharto Delimpa, Kapolsek Gunung Megang AKP. Feryanto, Danramil Ujanmas Kapt. Ansori, Ketua BPD, Kades, dan ketua Panitia Pilkades se- kecamatan Ujanmas, Sabtu (07/09/2019) di Aula Kantor Camat Ujanmas.

Camat Ujanmas dalam sambutannya menyanpaikan deklarasi ini diadakan guna menjaga keamanan dan ketertiban menjelang dan pasca Pilkades nantinya.

“Siapapun terpilih agar tetap menjaga ketertiban, kenyamanan, dan keamanan di desanya masing-masing. Jangan sampai ada bentrokan antar masa calon guna terjalinnya keamanan dan kenyamanan di masyarakat. Maka itu kami berpesan agar berkompetisi secara sehat, jujur, dan adil hingga terciptanya demokrasi sesungguhnya bagi masyarakat Ujanmas,” ungkapnya.

Masih kata Sugiarto dengan adanya deklarasi damai yang diikrarkan ini hendaknya para calon dapat mentaati dan mematuhi aturan yang ada.

“Deklarasi ini sebagai bentuk bahwa kita siap melaksanakan Pilkades damai maka dari itu taati peraturan dan kesepkatan yang telah dibuat bersama,” urainya.

Sementara itu Kapolsek Gunung Megang AKP. Feryanto juga berpesan kepada Panuitia Pilkades beserta Calkades suapaya sangan sampai setelah pilkades ini menimbulkan masalah baru di masyarakat.

“Ada beberapa hal yang menjadi pesan kami terhadap proses Pilkades serentak ini yaitu penyelenggara agar laksanakan tugas sesuai dengan aturan yang ada dan kesepakatan yang dibuat oleh panitia bersama calon. Hal ini harus dilakukan sesuai dengan aturan dan kesepakatan yang dibuat karena itu hal itu dibuat sebagai perlindungan bagi penyelenggara sendiri,” terangnya.

Selanjutnya Fery berpesan bagi para calon kades agar dapat benar-benar mengabdikan dirinya untuk masyarakat, hingga nantinya dapat melayani dan mendidikasikan diri pada desa yang dipimpin selama 6 tahun kedepannya.

“Jika nanti terpilih juga jangan sampai nantinya bersentuhan dengan hukum dan layananilah masyarakat dengan sebenar-benarnya. berkompetisilah secara sehat jangan sampai melakukan money politic, ataupun tindakan mengandung unsur SARA dan lainnya,” kata Fery.

Lanjut Fery, Kami sangat konsen didalam mengawal pelaksana Pilkades ini agar pelaksanaan ini dapat berjalan aman, damai, dan kondusif.

“Kita tetap konsen didalam mengawal pelaksanaan Pilkades serentak ini yang mana Polsek Gunung Megang nantinya akan meminta back up juga dari Polres Muara Enim didalam pelaksanaan pengamanan ini,” urainya.

Sedangkan Danramil Ujanmas Kapt. Ansori berpesan kepada panitia dan calon kades agar selalu dapat menjaga keamanan dan ketertiban serta mampu mengendalikan masanya supaya tidak terjadi bentrok antar masa ataupun pendukung di masyarakat.

“Kita dari TNI dan Polri bertanggung jawab didalam mengawal keamanan sebelum pelaksanaan maupun pra pelaksanaan Pilkades ini. Maka itu kita berpesan pada para calon kades agar mampu mengendalikan masa dan pendukungnya demi terciptanya Pilkades yang aman, nyaman, damai, dan tentram,” pungkasnya. (Deri Zulian)

Posting Terkait