Gubernur Sumsel Bersama Plt Bupati Muara Enim Panen dan Tanam Perdana Padi IP 200

266 views

Gubernur Sumsel H Herman Deru, Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH, Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli Bahuri dan Kasdam II Sriwijaya Brigjend TNI Syafrial saat tanam padi perdana

MUARA ENIM | Populinews.com – Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH melakukan Panen Raya dan Tanam Perdana Padi IP 200 program Serasi 2019 di lahan seluas 2000 hektare, bertempat di Desa Arisan Musi Timur, Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muara Enim, Rabu (18/09/2019).

Gubernur Sumsel H Herman Deru, Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH, Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli Bahuri dan Kasdam II Sriwijaya Brigjend TNI Syafrial saat menuju lokasi panen dan penanaman padi perdana

Kegiatan yang berlangsung meriah dan semarak tersebut, turut dihadiri Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli Bahuri, Kasdam II Sriwijaya Brigjend TNI Syafrial serta unsur Muspida Kabupaten Muara Enim dan tamu undangan lainnya.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam sambutannya

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam sambutannya mengatakan, pada 2018 lalu, produksi padi Kabupaten Muara Enim sebesar 173.900,07 ton gabah kering panen, dengan luas panen 38,406 hektar dan produktivitas padi sebesar 45,28 kwintal per hektar.

Tahun 2019 ini, kata Juarsah, target produksi padi Kabupaten Muara Enim sebesar 186.061 ton gabah kering panen, dengan sasaran luas panen 39.577 hektar dan produktivitas rata-rata 47,01 kwintal/hektar.

“Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh petani  untuk meningkatkan luas tanam dan produktivitas padi di Tahun 2019 ini. Sehingga diharapkan target produksi padi Kabupaten Muara Enim akan dapat tercapai,” ucapnya.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat panen padi perdana

Juarsah melanjutkan, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produksi diantaranya peningkatkan indeks pertanaman (IP) dari semula 100 menjadi IP 200. Intensifikasi pertanian dan ekstensifikasi pertanian. Penggunaan benih padi unggul inbrida seluas 4 ribu hektar.

“Pada Tahun 2019, Pemkab Muara Enim melalui dana APBN melaksanakan, pengembangan padi rawa melalui kegiatan S Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) seluas 2 ribu hektar di Kecamatan Muara Belida dan Sungai Rotan.

“Sedangkan untuk program melalui dana APBD Muara Enim, pembangunan jalan usaha tani, rehab jaringan irigasi, dan pengadaan alat mesin pertanian,” terangnya.

Juarsah menambahkan, semua program pembangunan pertanian tersebut adalah upaya peningkatan kesejahteraan dan pendapatan petani Kabupaten Muara Enim.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat penanaman padi perdana IP 200

“Saya bangga dengan masyarakat Desa Arisan Musi Timur dan sekitarnya terutama Gabungan Kelompok Tani Usaha Jaya yang sudah berperan aktif menjadi motivator dan pro aktif dalam memajukan pertanian,” ungkap Juarsah.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam sambutannya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Pemkab Muara Enim yang telah menjalankan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) dengan baik.

Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam sambutannya

Program ini, kata Deru, telah diluncurkan pada Mei lalu di Provinsi Sumsel dan sudah terealisasi kurang lebih 70.000 hektare dari target 200.000 hektare lahan.

Herman Deru optimis dengan akselarasi ini Provinsi Sumsel akan mengulang kembali kejayaannya seperti di tahun 2007 silam yaitu sebagai Daerah Lumbung Pangan Nasional.

“Program Serasi di Sumsel ini tidak boleh menjadi sia-sia. Untuk itu, sebagai wujud nyata dukungan Saya kepada para petani, hari ini saya bawa langsung Kapolda Sumsel, Kasdam II Sriwijaya, Plt Bupati Muara Enim dan semua Kepala Perangkat Daerah terkait untuk ikut panen raya di sini,” ujarnya.

Deri menegaskan, tahun ini target produksi minimal harus masuk tiga besar. Bahkan menjadi terbesar Nasional pada tahun 2020 nanti.

“Target ini sangat mungkin sekali kita capai karena sekarang saja di Muara Enim program ini telah meningkatkan produksi gabah kering panen dari sebelumnya 4,5 ton kini menjadi 7 ton lebih tiap hektarenya,” pungkasnya.

Wabup H Juarsah SH saat panen padi

Berdasarkan pantauan, pada kesempatan itu disampaikan juga satu tahun keberhasilan program kerja Bupati dan Wakil Bupati yang telah di laksanakan periode 2019-2024 yakni bantuan perlengkapan sekolah, penyediaan mobil ambulan, penyediaan ansuransi kematian, pelayanan berobat gratis, pembangunan kawasan ekonomi khusus.

Lalu, mendukung pembangunan jalan tol, penyelenggaraan color full Muara Enim festival, rehab rumah tidak layak huni, bantuan kepada yatim piatu dan dhuafa, penanganan sanitasi dan air bersih, pengembangan jaringan gas kota, bantuan sarana prasarana perkebunan rakyat.

pose bersama

Selanjutnya, bantuan bibit, pembangunan mal pelayanan publik, penanganan stunting, umroh gratis untuk perangkat agama yang berprestasi, kunjungan ke Desa Desa di kenal dengan istilah Bunga Desa, meningkatkan rasio elektrifikasi dan desa berlistrik, pelatihan bagi tenaga kerja lokal, dukungan percepatan pembangunan floper, mewujudkan jalan kabupaten kecamatan kelurahan dan desa kondisi baik.

Irigasi pengairan dan mendukung pertanian dan lumbung pangan, menumbuh kembangkan majlis taklim, penguatan akuntabilitas dan reformasi birokrasi, pengembangan smart regency dan terakhir peningkatan sarana transportasi perhubungan. (Adv Humas Pemkab Muara Enim/ Deri Zulian)

Posting Terkait