Bangun Tidur Langsung Cek Ponsel, Ini Risikonya bagi Kesehatan Jiwa

25 views

Bangun tidur tak perlu langsung membuka ponsel (Foto: Getty Images)

Jakarta |Populinews.com – Karena tuntutan pekerjaan atau kebiasaan, kita sering langsung mencari ponsel usai bangun tidur. Entah itu mengecek email, membalas chat, atau sekedar scrolling media sosial mencari informasi terbaru.

Namun menurut seorang mantan Design Ethicist dari Google, Tristan Harris, kebiasaan tersebut bisa berdampak negatif dengan merusak rutinitas harianmu dan juga moodmu. Selama tiga tahun, Harris mempelajari bagaimana teknologi ‘membajak’ kelemahan pikiran kita sehingga kita terus merasa ingin tetap online.

Dikutip dari Business Insider, ia menyebut para desainer teknologi yang bisa secara magis mengubah orang-orang dengan mempengaruhi tanpa mereka sadari. Salah satunya adalah timbulnya sindrom FOMO atau fear of missing out, atau rasa takut tertinggal berita di media sosial.

“Saat kita terbangun di pagi hari dan mengambil ponsel untuk melihat daftar notifikasi, itu membiasakan kita jadi rutin setiap bangun pagi untuk melihat apa yang kita lewatkan kemarin,” tulisnya dalam sebuah studi yang ia susun.

Penelitian lainnya juga bisa memicu stres. Hal ini dibuktikan dalam sebauh survey dari nyari 2.000 pekerja di Inggris, di mana ditemukan bahwa notifikasi email terkait dengan rasa cemas yang semakin meningkat.

Harris menyarankan daripada mengecek ponselmu langsung usai bangun tidur, lebih baik pertimbangkan aktivitas lain yang lebih dibutuhkan. Misalnya, berolahraga atau menyiapkan sarapan untuk menjaga gaya hidup tetap sehat. (red)

Posting Terkait