Forkopimda Lahat Gelar Rakor Pengawasan Aliran Kepercayaan

15 views

LAHAT | Populinews.com — Forum koordimasi Pimoinan Daerah Kabupaten Lahat melakukan Rapat Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Dan Aliran Keagamaan Dalam Masyarakat (Pakem) Kabupaten Lahat Tahun 2019.

Rakor berlansung hari ini Selasa (08/10)  di aula Soeprapto Kejaksaan Negeri Lahat. Tampak hadir Bupati Lahat Cik Ujang, SH yang di wakili Wakil Bupati Lahat H.Hariyanto, SE. MM, Kajari Lahat, Polres Lahat, Dandim 0405, Ketua Pengadilan Agama Lahat, Kasi Intel Kejaksaaan Negeri Lahat, Kemenag Kabupaten Lahat, Pihak Kesbangpol, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,BIN,Kasat Intel Polres Lahat, Pol PP, unsur keagamaan serta para Camat se-Kabupaten Lahat.

Kajari Lahat selaku Ketua tim PAKEM Lahat Jaka Suparna,SH.MH dalam sambutanya menyampaikan,pada kesempatan ini dengan adanya terkhusus dinamika yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Lahat sehingga di laksanakan rapat koordinasi ini.Dalam hal ini selaku pihak unsur Kejaksaan mengakomodir informasi-informasi dalam hal ini para camat apakah di temukan adanya hal yang betkaitan dengan aliran kepercayaan yang menganggu keamanan di Kabupaten Lahat.

Di harapkan untuk mensikapi situasional baik secara khusus di Kabupaten Lahat maupun Nasional dan juga semuanya terjaga secara kondusif hingga nanti terpilihnya Presiden dan Wakil Presiden.Tidak hanya itu di harapkan juga untuk Forkopimda di Kabupaten lahat untuk menjaga situasi yang kondusif masyarakatnya terkhusus di Kabupaten Lahat.

“Marilah kita mewasdai kemungkinan-kemungkinan yang timbul untuk menjaga stabilitas dan kondusifitas di Kabupaten Lahat.”ujarnya

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang,SH melalui Wakil Bupati Lahat H.Hariyanto,SE.MM dalam arahanya bahwa perlu di waspadai hal-hal yang menganggu stabilas dan situasi kondusif di Kabupaten Lahat ini.Rapat koordinasi ini sangat diperlukan supaya apabila ada informasi yang menganggu perlu di sampaikan mulai dari kecamatan sehingga suasana akantetap kondusif sampai nanti pada saat pelantikan Presiden Wakil Presiden dan Pilkades serentak di Kabupaten Lahat pada 31 Oktober 2019.

Sedangkan Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap,SIK menambahkan dalam waktu dekat akan ada Pilkades serentak di Kabupaten Lahat,berkaitan dengan ini perlu dicermati dan berhati-hati akan adanya perbedaan pemahaman agama yang berkembang di masyarakat.Di harapkan jangan sampai ada tindakan kontraduktif dan tetap menjaga kondisifitas di Kabupaten Lahat.

Dandim 0405 Letkol KAV Sungudi,SE.M.Si menyampaikan juga terkait dengan aliran kepercayaan yang telah berkembang di Kabupaten Lahat harus di antisipasi bersama.Aliran kepahaman yang sering terjadi dampak sosial di tengah masyarakat.Hal ini butuh pengawasan yang di mulai dari para camat yang berkoordinasi dengan Kades dan Lurah untuk melaporkan aliran-aliran yang ada.

“Saya berharap kita sama-sama monitoring situasi dan kondisi daerah yang ada wilayah Kabupaten Lahat.”ucapnya

Sedangkan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Lahat Bani Immanuel Ginting,SH.MH mengutarakan yang terpenting ubtuk menjaga stabilitas dan kondusifitas di Kabupaten Lahat.Kalaupun di temukan aliran kepercayaan yang menyimpang agar segera di laporkan dan jangan mengambil tindakan sendiri.

“Marilah kita menjaga silaturahmi antara forkopimda dan kerukunan masyarakat untuk menjaga situasi yang tetap kondusif di Kabupaten Lahat.” tutupnya. — Rochmi

 

Posting Terkait