Tim Karhutla Banyuasin Selamatkan 38 Gajah di Lahan BKSDA yang Terbakar

24 views

BANYUASIN | Populinews.com — Titik apa yang menyebar di Kawasan Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Banyuasin, yang banyak dihuni satwa Gajah, berhasil diselamatkan satuan tugas penanganan Karhutla setempat.

Hutan Lindung Suaka Margasatwa itu terletak di Padang Sugihan jalur 20, Desa Sidomulyo dan jalur 21 Desa Air Gading Kecamatan Muara Padang, Banyuasin.

”Kita langsung mengadakan koordinasi dengan stakeholder setempat untuk memadamkan api. Saat ini gajah – gajah di lahan BKSDA itu sudah dipindahkan ke lokais yang aman. Groundchek Karhutla terakhir di lakukan Rabu (16/10/2019) lalu.

Ada sekitar 80 an personil yang terdiri dari aparat BKSDA, Kecamatan, Koramil, Polsek, Polhut dan MPA. Pemadaman api dengan menggunakan peralatan 4 unit pompa air portable dan pompa air apung yang dapat digunakan diatas permukaan air, serta selang panjang yang dapat menjangkau sampai 500 an meter.

Dikatakan dari hasil pantauan langsung di lapangan, lahan KSDA kurang lebih seluas 25 Hektar, sekitar 1,5 Ha sudah terbakar. Lahan terbakar ini merupakan lahan rawa gambut yang berkedalaman sekitar 30 cm, yang ditumbuhi semak belukar, purun, pakis, gelam.

Untuk mengatasi agar Karhutla tak terulang, Satgas telah melakukan penyekatan api dengan mengaliri parit/kanal dengan air, memanfaatkan air sungai jalur 20 dan 21 di sekitar lahan tersebut.

Sekitar 5 jam an berjibaku dengan si jago merah dan dengan turunnya hujan disekitar BKSDA Hutan Lindung Suaka Margasatwa Pasu, api dapat dipadamkan.

Himpunan gajah sebanyak 38 ekor berhasil diamankan oleh para pawang gajah dari diklat gajah Pasu yang dibantu oleh satgas karhutla.

Beberapa ekor gajah tadinya terpisah pada saat mencari makan dan terjadi kebakaran. ”Sekarang 38 ekor gajah penghuni Suaka Margasatwa Pasu ini berhasil dievakuasi ke daerah yang lebih aman, dan dapat hidup dalam satu gerombolan lagi,” ujar Dandim. (dm/penrem)

Posting Terkait