Komisi IV DPRD Lahat Sidak RSUD

7 views

LAHAT | Populinews.com — Adanya laporan dari masyarakat yang berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lahat,  biasanya mesti menunggu 1 jam dalam pelayanan pemanggilan untuk satu pasien. Maka, Komisi lV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), melakukan inspeksi mendadak (sidak) Selasa (05/11) untuk merespon hal tersebut.

Pantauan di lapangan, Komisi lV langsung diketuai, Arry Amd, turut juga, Dendy Alexander,S.Kom, Widia Ningsih, SH dan Nanda Pinola Harahap,SKM beserta sekretariatan DPRD. Diterima oleh Direktur RSUD Lahat, dr.Hj. Erlinda ZA MKes, Kabag TU, Herwansyah Alam, SKM.MKM, Kasi Pelayanan, Yani Supriyadi,SKM serta jajaran.

Ketua Komisi lV DPRD Lahat, Arry Amd didampingi Dendy Alexander SKom mengatakan, pihaknya turun ke RSUD, guna menindak lanjuti laporan warga, mengenai lamanya antri pemanggilan baik ke loket maupun poli-poli.Pada prinsipnya, pelayanan dewasa ini sudah meningkat jika dibandingkan sebelumnya. Apabila biasanya satu pasien bisa menunggu satu jam, bila perlu dipangkas cukup 30 menit.
Ia menambahkan, pasien yang datang ke RSUD Lahat dari pengambilan karcis pendaftaraan, hingga menunggu dipanggil memakan waktu 30 menit.

“Kemudian, mereka duduk lagi untuk dipanggil menunggu poli sesuai sakit yang diidap, itupun dengan waktu yang sama,”paparnya.

Beliau meminta, kepada manajemen RSUD Lahat, agar kiranya dapat mengubah image tersebut, cukup satu kali pemanggilan saja.Hal ini saran dari Komisi lV kepada RSUD Lahat, kalau bisa waktu 1 jam dipangkas menjadi 30 menit, agar pasien tidak lama menunggu.

Sementara Direktur RSUD Lahat, dr Hj Erlinda ZA MKes didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan, Yani Supriyadi SKM menerangkan, prinsipnya sangat mengapresiasi sekali atas masukan, saran dan kritikan ini.Untuk kedepan akan di benahi dan pelajari, agar pelayanan kepada pasien meningkat dan tidak lama menunggu.Setiap Loket buka mulai pukul 08.00 wib, beberapa poli bergiliran buka, yang paling banyak di poli mata.

“Apabila memungkinkan, kita akan ubah jam pembukaan loketnya, supaya pasien cepat dilayani dan ditanggani, paling penting tidak lama menunggu, kendatipun SPM maksimal 1 jam.”tutupnya. — Rohmi

Posting Terkait