Baznas Muba Bagikan Modal Usaha untuk Warga Bayung Lencir

3 views

Sekayu Muba | Populinews.com — Bayung Lencir, Musi Banyuasin – Sebanyak 100 orang warga Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin mendapat bantuan Modal Usaha dari Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, melalui Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Muba, Rabu (4/12). Penyerahan dilaksanakan di Kantor Camat Bayung Lencir.

Pendistribusian bantuan Baznas Kabupaten Muba ini diserahkan langsung oleh tim dari Baznas Kabupaten Muba dipimpin oleh Kepala Baznas Muba Lukmanul Hakim selain Program Ekonomi berupa bantuan modal usaha untuk usaha produktif, juga pendistribusian program kemanusiaan berupa santunan Fakir Miskin sejumlah 50 orang.

Diketahui, program ini juga merupakan bagian dari implementasi Perda Zakat yang di inisiasi Bupati Muba Dodi Reza bersama pihak legislatif Muba.

Kepala Baznas Kabupaten Muba, Lukmanul Hakim, mengatakan untuk program Bantuan Modal usaha ini Kecamatan Bayung Lencir memang baru kali pertama ini. Kecamatan lain sudah semua, ada 2 Kecamatan lagi yang belum, yakni Batanghari Leko besok kita lakukan, dan Babat Supat di tanggal 10 (Desember),

“Nanti tahun depan program ini akan ada lagi, tapi seyogyanya penerimanya berganti, arti kata orang lain lagi penerimanya, Harapan kita mudah-mudahan bisa menambah modal usaha, bisa semangat lagi usahanya, bisa berkembang dan bisa berbagi melalui zakat juga” Kata Lukman.

Sementara itu, kebahagiaan tampak tersorot dari para penerima program Baznas tersebut. Salah satu penerima bantuan Program Ekonomi, Arsa subik (30) warga Kelurahan Bayung Lencir Indah yang berusaha menjual bibit buah-buahan, mengaku berterima kasih atas bantuan tersebut. Menurutnya,  bantuan ini sangat membantu dan bisa menambah modal usahanya.

“Selama ini modal kecil-kecilan, omset belum menentu karena bibit masih dikit jadi cuma bisa menjual di Kecamatan Bayung Lencir, mudah-mudahan bisa memperbanyak bibit, kami ucapkan terimakasih kepada Baznas dan Pemkab Muba, semoga tiap tahun program ini ada, agar lebih banyak lagi yang terbantu,” Katanya.

Senada diungkapkan Nursima (70), warga Kelurahan Bayung Lencir ini saat ditanyai mengaku bantuan tersebut akan dipergunakan olehnya untuk keperluan rumah tangganya.

“Ya nanti dirumah akan dipergunakan untuk beli kebutuhan dapur, mokasih nian ke Pemerintah sudah memberikan bantuan bagi kami yang kurang mampu ini,” katanya singkat.

Bupati Muba Dodi Reza berpesan kepada penerima manfaat agar bisa memanfaatkam modal usaha tersebut dengan sebaik mungkin. “Pergunakan untuk mengembangkan usaha, saya mendoakan agar usahanya lancar,” ucap Dodi.

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah ini juga menambahkan, pemberian bantuan modal usaha dari Baznas Muba ini merupakan wujud bahwasannya Perda Zakat di Muba berjalan efektif. “Dan sangat memberikan kontribusi positif untuk masyarakat Muba,” pungkasnya. (adnor)

Posting Terkait