Bupati Lahat Ingin DAS Jauh dari Pemukiman Warga

65 views

LAHAT | Populinews.com — Bupati Lahat CIk Ujang, SH mengunjungi desa-desa zona Banjir pada hari Sabtu (11/01/2020). Pada kesempatan ini Bupati Lahat meninjau langsung lokasi-lokasi banjir dan memikirkan solusi agar Daerah Aliran Sungai (DAS) jauh dari pemukiman warga.

Dengan demikian, ketika sungai meluap akibat curah hujan yang tinggi, pemukiman warga dapat terhindar dari kerusakan. Seperti yang terjadi sekarang ini, kerusakan rumah warga akibat banjir, karena rata-rata bangunan pemukiman warga sangat dekat dengan sungai yang meluap.

Akibatnya tak sedikit harta benda yang berada di dalam rumah, tak sempat lagi diselamatkan. Banjir kuat menerjang apa saja karena debit air memang cukup besar, ditambah curah hujan begitu lama. Sehingga dalam hitungan jam air mengganas.

Memang tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, tetapi kerugian materi menurut perhitungan sementara bisa mencapai miliaran rupiah.

Bupati Cik Ujang makan nasi bungkus bersama warga Kikim yang terdampak banjir

Setelah meninjau lokasi banjir, Bupati lahat Cik Ujang, SH mengajak masyarakat Kikim Kabupaten Lahat makan nasi bungkus bersama di lokasi terjadinya banjir. Terlihat senyum masyarakat dikunjungi sosok pemimpin yang turun memberikan bantuan moril maupun materi serta mencarikan solusi untuk menjauhkan sungai dari pemukiman warga.

“Dengan menggunakan alat berat kita pindahkan alirannya supaya dampak air bah dapat di antisipasi dan mengurangi dampak kerusakannya,” ujarnya.

Bupati Lahat juga menyampaikan ke pemilik tanah yang dilalui sungai agar jangan minta ganti rugi di karenakan ini sebenarnya demi kepentingan masyarakat banyak bukan individu ataupun kelompok.(*) Rochmi

Bagikan :
Penulis: 
    author

    Posting Terkait