Pemkab Lahat dan Forkopimda Gelar Apel Siaga Bencana

19 views

LAHAT | Populinews.com — Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan dalam menghadapi Bencana Alam di Kabupaten Lahat hari ini Senin(13/01/2020) diselenggarakan di lapangan Seganti Setungguan Kabupaten Lahat.

Adapun tema yang di usung “Dengan Sinergitas Antar Instansi Kita Tingkatkan Peran Pemerintah Dalam Penanganan Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Lahat”.

Bertindak sebagai pembina apel Bupati Lahat Cik Ujang, SH yang diikuti Forkopimda, SKPD dan FKPD Kabupaten Lahat, TNI/Polri, Sat Pol PP Kabupaten Lahat serta para peserta apel.

Pembina Apel Cik Ujang, SH dalam amanatnya mengutarakan pemerintah melalui BPBD mengoptimalkan seluruh potensi yang ada dalam menghadapi bencana.Kesiapsiagaan di wujudkan dengan apel siaga bencana yang di gelar pada hari ini di lapangan Seganti Setungguan Kabupaten Lahat.

Penangulangan bencana dan pengurangan resiko merupakan tanggung jawab semua pihak oleh karena itu kerjasama antara pemerintah dan non pemerintah merupakan hal penting dalam upaya pengurangan resiko bencana.

Melalui kegiatan ini di harapkan dapat mengunggah dan meningatkan lembaga pemerintah agar dapat berpartisipasi sesuai dengan fungsi dan peran masing-masing guna menunjang tugas dan pengabdian kepada masyarakat daerah yang terkena bencana.

“Pemerintah mengharapkan kepada masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaanya terhadap bencana dan mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang terlibat sehingga tetlaksananya apel siaga ini.”tutupnya

Sementara Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Lahat, Marjono,SE.MM, menambahkan bahwa bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Lahat saat ini di sebabkan adanya beberapa faktor diantaranya curah hujan yang tinggi dan terus menerus,cuaca ekstrem dan hutan yang gundul.

Dilanjutkanya pada saat ini jumlah tenaga yang ada untuk membantu dalam menangani bencana di Kabupaten Lahat ada sekitar 25 orang laki-laki 18 orang dan 7 wanita untuk menangani logistik.Di sampaikan juga bahwa kesiap siaga darurat di Kabupaten Lahat sampai dengan bulan April.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar tetap terus waspada terhadap bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Lahat,” ujarnya. (*) Rochmi

Bagikan :
Penulis: 
    author

    Posting Terkait