Pemkab Lahat Tinggalkan BPJS karena Tarif Naik dan Tak Cukup Anggaran

32 views

Plt Kepala Dinas Kesehatan Ponco Wibowo, SKM. MM (kiri)

LAHAT | Populinews.com — Pemerintah Kabupaten Lahat, kini tak lagi menanggung biaya BPJS Kelas III bagi masyarakat miskin penerima Bantuan Iuran (PBI). Solusinya, Pemkab Lahat akan menanggung biaya berobat gratis tersebut melalui program Jamkesda. Warga yang ingin berobat cukup datang ke rumah sakit dengan menunjukkan KK, KTP dan Surat Rujukan dari Puskesmas.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Ponco Wibowo, SKM. MM mengatakan program Pemkab Lahat di bidang kesehatan untuk masyarakat miskin ini, berubah dari BPJS ke pelayanan langsung dengan KK dan KTP, karena saat ini pemerintah tengah menghadapi keterbatasan anggaran. Di sisi lain, tarif iuran BPJS juga mengalami kenaikan. Karena itu di kabupaten Lahat tidak perlu lagi warga tak mampu menggunakan kartu BPJS.

“Kami beralih penyertaan BPJS Kesehatan karena iuran naik. Jadi dana APBD telah kita alihkan untuk berobat gratis, masyarakat cukup membawa KK dan KTP,” ujarnya ketika ditemui awak media Senin (13/01/2020), .

Ponco memaparkan terdapat sekitar 168.000 warga Lahat yang selama ini menjadi penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan dari Pemkab Lahat.

“Dana pasti membengkak karena ada kenaikan BPJS Kesehatan. Di mana dari Rp23.000 per jiwa per bulan sekarang menjadi Rp42.000, “ kata dia.

Ia memaparkan pada 2019, masyarakat yang belum tertanggung oleh siapapun untuk jaminan kesehatannya, dibiayai oleh APBD. Jumlah 168.000 peserta tersebut, kata dia, naik sekitar 200.000 yang belum terjamin dari total masyarakat Lahat sekitar 430.000 jiwa.

“Dengan kenaikan itu rupanya biayanya bengkak, jadi kami harus siapkan sekitar Rp104 miliar kalau tetap pakai kenaikan itu. Sehingga kami tidak ikut kenaikan dan pakai KK dan KTP dengan sistem klaim dari rumah sakit atau puskesmas,” kata dia.

Ponco menambahkan kebijakan Pemkab Lahat ini telah berlaku sejak 1 Januari 2020. Warga Lahat dapat berobat gratis di sejumlah rumah sakit yang ada di Sumsel dan telah bekerja sama dengan Pemkab Lahat.

Adapun prosedur penggunaanya masyarakat bisa mendatangi Puskesmas dan menunjukan KK dan KTP, dengan cara itu masyarakat akan mendapatkan pelayanan berobat gratis.

Ditambahkanya bahwa program kesehatan untuk masyarakat yang mana menjadi pasien rujukan jangan khawatir karena semua biaya perawatan akan dikliem oleh pemerintah Kabupaten Lahat.

“Untuk pasien yang dirujuk ke Rumah Sakit, mulai dari pengantaran sampai dengan perawatan semua biaya akan dikliem oleh pemerintah dengan syarat KK, KTP dan Rujukan dari Puskesmas yang ada,” ujarnya.

Sementara itu masyarakat Kabupaten Lahat sangat mendukung upaya Pemkab Lahat ini. Mayoritas warga mengaku sangat senang mengikuti program pemerintah ini. ”Kami ikut saja apa kata Bupati. Jika ini yang terbaik bagi masyarakat tak mampu seperti kami ini, pasti kami ikuti dan berterima kasih,” ujar Nurmala, seorang warga yang tinggal di Pasar Bawah, Lahat Kota. (*) Rochmi

Bagikan :
Penulis: 
    author

    Posting Terkait