Kontrol Diabetes dengan Pare, Begini Caranya

59 views

Buah Pare, pahit tapi banyak manfaat

JAKARTA – Siapa sangka tumbuhan merambat ini memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari menurunkan demam, tekanan darah, diabetes, hingga menurunkan berat badan. Pare mengandung karantin dan polipeptida-P yang memiliki fungsi serupa dengan insulin. Keduanya, bersifat membersihkan darah dan menurunkan lemak.

Sayuran berbentuk buah dengan rasa pahit tersebut juga mengandung antioksidan tinggi yang membantu tubuh memerangi radikal bebas. Pada penderita diabetes, senyawa yang terdapat di dalam pare berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah karena rasanya yang pahit.

Di samping itu, pare dapat meningkatkan beta-cells atau sel pada pankreas yang berfungsi menghasilkan insulin dalam pankreas yang berkaitan erat dengan sekresi insulin. Saat produksi insulin dalam tubuh meningkat, kadar gula dalam darah mengalami penurunan. Oleh sebab itu, pare dikatakan dapat mengontrol diabetes sekaligus menurunkan berat badan.

Bagaimana cara mengolah pare agar dapat digunakan sebagai bahan alami menurunkan berat badan? Untuk mengakali rasa pahit pare, saat membuat satu gelas jus pare Anda dapat mencampurkan sejumput garam dan perasan lemon, demikian dilansir Boldsky.

Caranya, parut sebuah pare, rendam dalam mangkuk berisi campuran air dan garam. Diamkan selama 15 menit dan buang airnya. Blender pare dengan sedikit air, saring sebelum dicampur dengan perasan setengah buah lemon. Jika masih terlalu pahit, Anda dapat mencampur pare dengan apel dan bit.

Parut satu buah pare, rendam dalam air garam selama 15 menit. Sambil menunggu, Anda dapat mengupas apel dan bit kemudian potong hingga cukup mudah dihancurkan dengan blender. Campur ketiga bahan tersebut dengan air, sejumput garam, serta satu setengah sendok teh perasan lemon.

Bagaimana dengan menurunkan berat badan? Anda dapat memanfaatkan wortel dan nanas sebagai bahan campuran untuk menurunkan berat badan secara cukup signifikan dengan bantuan pare. Parut satu buah pare tanpa harus direndam dalam air garam. Kupas sebatang wortel hingga bersih. Blender keduanya dengan satu gelas air dan sejumput garam. Saring terlebih dulu sebelum dinikmati.

Agar lebih segar, Anda dapat menambahkan sedikit perasan lemon. Pare terasa lebih lezat jika dikombinasikan dengan buah. Salah satu buah yang dirasa pas untuk mengurangi rasa pahit pare adalah nanas.

Blender satu buah pare yang sudah diparut dengan satu gelas nanas, setengah gelas mentimun, dan sejumput garam. Pastikan untuk menyaringnya terlebih dulu sebelum dinikmati. (red)

Bagikan :
Penulis: 
    author

    Posting Terkait