Virus Corona, Jokowi Diminta ‘Banting Harga’ Tiket ke Bali

12 views

Denpasar  | Populinews.com — Dinas Pariwisata Bali mengincar wisatawan domestik di tengah sepinya kunjungan wisatawan mancanegara di Pulau Dewata akibat wabah virus corona. Untuk memuluskan langkah tersebut, Presiden Jokowi diminta memberi diskon tiket pesawat dari berbagai wilayah Tanah Air ke Bali.

Harap maklum, sejak pemerintah resmi menutup penerbangan dari dan ke China sejak 5 Februari 2020 lalu, kunjungan wisatawan China ke Bali turun. Bahkan, Bandara Bali sempat menolak kedatangan turis karena diketahui terbang dari China di tengah kekhawatiran virus corona.

Kepala Dinas Pariwisata Bali Putu Astawat mengatakan akan mengajukan permohonan diskon tiket pesawat kepada Jokowi. Hal itu disampaikan usai Forum Group Discussion Dinas Pariwisata Bali dengan pemangku kepentingan di industri pariwisata Bali, Rabu (12/2).

Menurut Putu, tiket penerbangan ke Bali untuk wisatawan domestik masih cukup mahal. “Selama ini, (tiket pesawat) tujuan ke Bali kan dinilai masih mahal oleh wisatawan domestik, jadi kami memohon bantu memberi diskon tiket pesawat agar murah,” ujarnya seperti dikutf dari  CNNIndonesia.com.

Apalagi, dampak penutupan penerbangan dari dan ke China dan sepinya kunjungan turis, ia melanjutkan telah membuat 20 ribu pesanan kamar hilang. Itu khusus turis China, belum termasuk turis mancanegara lainnya. Misal, Singapura yang tengah berjuang melawan penyebaran virus corona.

“Sebenarnya, kemarin sudah ada 20 ribu yang sudah booking (pesan) selama Januari-Februari, namun mereka cancel (batal),” imbuh Putu.

Pada periode Januari sampai Februari tersebut, ia mengatakan semestinya Bali ‘panen’ kunjungan wisatawan dari China.

“Saat ini sebenarnya musim panen tamu China untuk kami di Bali. Biasanya mereka liburan Tahun Baru Imlek,” jelasnya.

Putu Astawa mengatakan, rata-rata dalam setahun, terdapat sekitar 3.000 wisatawan Indonesia yang berkunjung ke China.

Dengan merebaknya kasus virus corona di negeri tirai bambu, wisatawan domestik yang awalnya berencana ke China diharapkan mengalihkan liburannya ke Bali.

“Selama ini, setiap tahun sekitar 3.000 wisatawan Indonesia berlibur ke China. Sekarang mereka tidak berani ke sana dalam waktu dekat ini. Jadi, mereka bisa dialihkan ke Bali. Mumpung nggak jadi ke China, kenapa nggak ke Bali saja,” tanya Putu.

Selain meminta Jokowi memberi kebijakan pemberlakuan harga tiket penerbangan murah ke Bali untuk wisatawan domestik, Dinas Pariwisata Bali juga meminta akomodasi wisata dan destinasi yang ada di Bali memberikan promo.

“Kami mengimbau teman-teman industri akomodasi wisata dan destinasi memberi potongan harga untuk menjaring wisatawan domestik tersebut,” ungkapnya.

(red/put/bir)

Bagikan :
Penulis: 
    author

    Posting Terkait