Bupati Lahat Salurkan BST dari Kemensos untuk Tiga Kecamatan

40 views

Bupati Lahat menyerahkan BST sebesar Rp 600 ribu secara simbolis kepada warga Jarai yang berhak menerima. (f/ist)

LAHAT | Populinews.com — Bupati Lahat Cik Ujang, SH membagikan bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI untuk tiga kecamatan yaitu Kecamatan Jarai, Suka Merindu dan Muara Payang. Penyerahan dilakukan secara simbolis di Kecamatan Jarai Area kepada masyarakat yang berhak menerima, Sabtu (16/05/2020).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis Sosial, Inspektur, Ka BPKAD,Ka Bapenda, Ka BKPSDM, Ka DLH, Ka Koperasi dan UKM, Ka DPMD, Camat Jarai,Camat Suka Merindu,Camat Muara Payang dan Camat Pajar Bulan.

Sesuai dengan data yang dihimpun, untuk Kecamatan Muara Payang jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tergolong Rumah Tangga Miskin (RTM) ada 68 keluarga dari 7 desa. Sedangkan untuk Kecamatan Suka Merindu ada 77 keluarga untuk 10 desa, dengan total 324 keluarga termasuk Jarai.

Dalam sambutannya Cik Ujang menyampaikan,sebagai wujud kepeduliannya pemerintah melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Lahat memberikan perhatian kepada masyarakat miskin, kurang mampu dan rentan terhadap dampak Covid-19. Namun masyarakat juga wajib mengetahui bahwa tidak semua keluarga akan mendapatkan bantuan ini, namun yang mendapatkan adalah keluarga yang sudah masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) yang sekarang disebut dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Saya selaku Bupati Lahat menyambut baik program ini, sambil menunggu verifikasi dan validasi secara menyeluruh DTKS oleh Dinas Sosial Kabupaten Lahat. Kita sama-sama memaklumi, data yang tercatat itu masih butuh waktu untuk diperbaiki”, ujarnya

Dengan adanya BST sebesar 600 ribu rupiah yang akan diterima setiap satu bulan sekali selama tiga bulan oleh KPM yang tersebar di Kabupaten Lahat ini, sambung Cik Ujang,dirinya berharap agar dapat meringankan beban ekonomi keluarga miskin yang sesuai dengan kreterianya. Dan saya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk keperluan bahan pokok keluarga yang menerima. (*) Rochmi

Bagikan :

Posting Terkait