* Herman Deru Kukuhkan Zulkipli Sebagai Kepala BPS Sumsel Baru

PALEMBANG | Populinews.com – Gubernur Sumsel H. Herman Deru secara resmi mengukuhkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel, di Griya Agung, pada Jumat (4/6) pagi. Ir. Zulkipli M.Si resmi dikukuhkan sebagai Kepala BPS Sumsel menggantikan Kepala BPS Sumsel sebelumnya Ir. Endang Tri Wahyuningsih, M.M

Pengukuhan Kepala BPS Sumsel itu ditandai dengan pembacaan surat keputusan Kepala BPS Pusat. Sebelum menjabat sebagai Kepala BPS Sumsel, Zukipli merupakan Inspektur Wilayah II di BPS Pusat.

Dalam sambutannya HD berpesan agar Kepala BPS Sumsel yang baru Zulkipli dapat meningkatkan sinergitas BPS dan Pemprov Sumsel yang sudah terjalin baik selama ini.

Dikatakan HD kehadiran data statistik menjadi sangat penting untuk menguraikan permasalahan data yang kompleksitas agar pemerintah memiliki landasan yang kuat untuk penyusunan kebijakan di berbagai bidang.

Adapun tantangan saat ini kata HD adalah bagaimana menyediakan data berkualitas. Untuk mewujudkan hal itu BPS dinilainy tidak bisa berjalan sendiri dengan kegiatan sensus, survei dan data administrasinya.

“Disinilah diperlukan peran aktif kita untuk memanfaatkan Big Data luar biasa dalam membangun Satu Data Indonesia yang berdasarkan prinsip memenuhi standar data, memiliki metadata, memenuhi kaidah interoperabilitas data, serta menggunakan data induk,” jelasnya.

Harus disadari bahwa mengmpulkan data tersebut adalah hal yang sulit dan mahal. Untuk itu BPS sebagai penyedia official statistic harus dapat memberikan data yang betul-betul memotret fakta di lapangan secara objektif dan akurat dengan metodologi yang sudah baku dan sesuai standar internasional.

Untuk itu Gubernur HD menyampaikan beberapa hal di antaranya yakni mengajak Kepala BPS yang baru untuk meningkatkan jalinan erat koordinasi di antara semua pihak sebagai wujud kepedulian dalam menjaga dan memlihara kondusifitas daerah yang dapat memberikan rasa nyaman kepada masyarakat dan semua pemangku kepentingan.

Kemudian memberikan kemudahan dalam pelayanam kepada masyarakat serta mendiskusikan langkah-langkah penyelesaian permasalahan.

“Khusus kepada Kepala BPS yang baru Saya harao dapat menjadi mitra kerja yang lebih baik dalam upaya pembinaan dan pengelolaan di bidang statistik sesuai peraturan perundangan,” jelasnya.

Sementara itu Inspektur Utama BPS RI, Drs Akhmad Jaelani M.Si mengatakan sejauh ini koordinasi dan kolabirasi antara BPS Sumsel dengan Pemda dan OPD setempat telah berjalan sangat baik.

Beberapa contohnya adalah pada pelaksanaan SP2020 Online tahun lalu di Sumsel, Dinas Kominfo, BKD, Dinas Dukcapil dan Bappeda berperan secara aktif dalam mendukung SP Online.

“Contoh lainnya dapat dilihat dari kerjasana yang intens antara BPS dan Dinas Pertanian pada pelaksanaan ubinan dan KSA padi,” jelasnya.

Iapun berharap di bawah kepemimpinan Kepala BPS yang baru, seluruh jajaran BPS kabupaten/kota se Sumsel dapat memperkuat sinergi dan memberikan dukungan yang optimal krpada stakehokder di wilayah masing-masing dengan menyajikan data yang berkualitas.

Hadir dalam pengukuhan tersebut Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Sumsel Drs Timbul P Silitonga, MSi, Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Sumsel, Sukerik S.ST, MM, Plh Sekda Sumsel Dr.Akhmad Najib, Asisten Administrasi dan Umum Prof Edward Juliartha. (hms)