PALEMBANG | Populinews.com – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) menghadiri Pembukaan Roadshow Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi Kota Palembang diselenggarakan oleh KPK RI bertempat di Rumah Dinas Walikota Palembang, Jum’at, (9/9/2022)

Pada sambutannya HD menyampaikan ucapan terima kasih terhadap upaya KPK yang selalu memberikan bantuan dan metode kepada pemerintah daerah tentang sosialisasi antikorupsi terhadap anak muda dan juga pejabat daerah.

“Korupsi itu bukanlah budaya. Bus ini bentuk pelayanan dengan segenap aplikasinya yang bisa diadopsi oleh masyarakat serta memberikan informasi jika masyarakat ingin bertanya”, ucap HD.

Dilanjutkannya HD berharap mudah – mudahan literasi dan edukasi yang dibuat oleh KPK dapat memberikan masyarakat untuk mengetahui apa hal yang dapat dilakukan dan apa yang tidak dapat dilakukan saat melayani publik.

Dikesempatan yang sama Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata menjelaskan bahwa kegiatan Roadshow Bus KPK merupakan acara yang diselenggarakan setiap tahun oleh KPK mengunjungi berbagai provinsi secara bergantian.

“Kali ini dilakukan di Provinsi Sumsel, Lampung, dan Banten dari tanggal 7 September s/d 9 Oktober 2022”, ungkapnya.

“Untuk anak sekolah, contoh perilaku korupsi yang harus dihindari seperti tidak mencontek, tidak bolos sekolah dan ini merupakan tindakan korupsi pada lingkup sekolah”, ucapnya.

Selain itu Ia juga menyampaikan bahwa dalam melaksanakan pemberantasan tindak korupsi tidak dapat dilakukan oleh KPK sendiri, melainkan juga harus didukung oleh peran serta masyarakat yang melihat dan mendengar secara langsung apa yang terjadi didaerah masing – masing serta melaporkannya jika memang ada kejadian yang terindikasi melakukan tindakan korupsi.

Turut hadir Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Wawan Wardiana, Walikota Palembang, H. Harnojoyo, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, Sekda Kota Palembang, Drs. Ratu Dewa, M.Si, Ketua DPRD Kota Palembang, H. Zainal Abidin dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel. (hms)