MUARA ENIM | Populinews.com – Sebagai langkah untuk menyerap langsung aspirasi masyarakat, Gubernur Sumsel H Herman Deru (HD) menggelar silahturahmi akbar dengan masyarakat kabupaten Muara Enim, Sabtu (27/5/2023).

Kehadiran Herman Deru pada silahturahmi yang terpusat di Balai Desa Kantor Camat Rambang, Desa Sugiwaras Kabupaten Muara Enim itu mendapatkan sambutan antusias ribuan masyarakat dari enam kecamatan seperti Lubai Ulu, Lubai, Rambang, Rambang Niru, Belimbing, dan Empat Petulai Dangku, yang telah lama menantinya.

Dalam kesempatan itu, Herman Deru pun menjawab keinginan ribuan masyarakat di enam kecamatan tersebut untuk bisa membentuk daerah otonomi baru yakni Rambang, Lubai, Lematang (RL2).

Dimana, Herman Deru mengingatkan agar dalam proses pembentukan daerah otonomi tersebut, pemerintah setempat harus memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan.

Selain itu, pemerintah setempat harus juga melakukan persiapan matang terkait pembentukan daerah otonomi tersebut.

Mulai dari daerah akan menjadi ibukota, lahan untuk pusat pemerintahan, hingga proses lainnya.

“Semuanya prosesnya harus disepakati sehingga berjalan baik. Jangan sampai pembetukan daerah baru ini justru membebani,” tuturnya.

Herman Deru menegaskan, jika semua syarat tersebut terpenuhi dan dinilai membawa dampak yang baik bagi kesejahteraan masyarakat, maka dirinya akan mendukung pembentukan daerah otonomi baru tersebut.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Usman Piriansyah mengatakan, dukungan terkait pemekaran otonomi baru yang meliputi Kecamatan Lubai Ulu, Lubai, Rambang, Rambang Niru, Belimbing, dan Empat Petulai Dangku, banyak mendapatkan dukungan masyarakat.

Bahkan dari 70 desa yang ada di kawasan tersebut, sebanyak 63 desa menyatakan dukungannya.

Menurutnya, saat ini wilayah enam kecamatan itu sudah layak untuk dimekarkan.

“Luas 6 kecamatan ini adalah 2700 km persegi dengan jumlah penduduk 182 ribu penduduk. Kita harapkan upaya ini segera terealisasi secepatnya,” jelasnya.

Disisi lain, dia juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru yang terus mendukung pengembangan kabupaten Muara Enim. (hms)