OKU | Populinews.com – Seusai menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD OKU dalam rangka Hari Jadi ke -113 Kabupaten OKU, Gubernur Sumsel H Herman Deru (HD) didampingi Ketua TP-PKK Provinsi Sumsel Hj. Feby Herman Deru langsung menuju Desa Marta Jaya Kecamatan Lubuk Raja OKU untuk meresmikan Kampung Budi Daya Ikan Gabus Program GSMP, Sabtu (29/7/2023).

HD utarakan dirinya mengaku bangga atas hasil inovasi masyarakat karena dapat menghasilkan karya yang berharga dengan adanya Budidaya Ikan Gabus dimana menambah pengetahuan masyarakat begitu pentingnya manfaatnya ikan bagi kesehatan.

“Saya bangga atas inisiasi serta inovasi masyarakat pada momen Hari Jadi Kabupaten OKU. Teruslah berbuat, program ini sesuai dengan yang kita canangkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP),” ujar HD.

Lanjut HD, Ikan gabus manfaatnya sangat dashyat mengandung protein tinggi dan sangat berguna kepada kesehatan seperti obat Dexa paling tinggi memiliki albumin. Manfaatnya dalam menurunkan angka Stunting hingga diwajibkan makan ikan dan berprestasi menurunkan angka Stunting di OKU serta kita diingatkan tetap mengantisipasi bonus demografi.

“Hal yang wajar Kelompok karya Mandiri mendapat penghargaan dari kementerian. Soal ikan menjaga eksistensinya, kita harus tahu ada Inovasi seperti ikan di kehidupan alamnya dan saya berharap Oku sebagai Pelopor budidaya ikan” tutup HD

Pada kesempatan itu Gubernur Herman Deru melakukan Penyerahan bantuan secara simbolis Benih Ikan, Mesin Pakan dari Kementrian Kelautan Perikanan RI, Bantuan Sapi, bibit Alpukat Dan Bawang Dari Kementrian Pertanian, Bantuan Sarana Dan Prasarana Budi Daya Ikan Dari Pemkab OKU dilanjutkan persemian serta panen ikan gabus

Pj Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah utarakan Program ini merupakan Wujud aksi nyata dari program GSMP yang telah dicanangkan serta inisiasi Gubernur Sumsel H. Herman Deru guna meningkatkan kebutuhan dan menambah nilai ikan gabus dan mencari dukungan dari stakeholder lahan 1 ha dan mendapat penghargaan dari Gubernur.
Turut hadir para Kepala OPD Prov. Sumsel dan Kepala OPD OKU. (hms)