LAHAT | Populinews.com – Pemeirntah Kabupaten Lahat, dibawah kepemimpinan pasangan Bupati Cik Ujang SH dan Wakil Bupati Hariyanto SE. MM. MBA. kembali menorehkan keberhasilan di bidang invetasi asing. Hal itu ditandai dengan rencana dimulainya ekplorasi energy panas bumi di Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, oleh swasta asing asal Turki, yakni PT. Hitay Energy.

Pihak investor bahkan telah melakukan sosilisasi kepad amasyarakat, melalui pertemuan yang dihadiri Bupati Lahat diwakili Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lahat, Yahya Edward SE. MSi, Kamis (3/8/2023).

Sosialisasi rencana eksplorasi Panas Bumi di area prospek panas bumi Tanjung Sakti itu berlangsung di Kantor Kecamatan Tanjung Sakti Pumi yang dihadiri oleh Andi Susmanto Wakasubdit Penyiapan Wilayah Agri Saputra dan Staff Subdit Penyiapan Wilayah Direktorat Panas Bumi Direktorat Jenderal EBTKE Kementrian ESDM. Hadiri juga beberapa Kades, Ketua BPD Se Tanjung Sakti Pumi, unsur TNI-Polri serta tokoh masyarakat.

“Ketertarikan Investor seperti PT. Hitay Energi untuk menanamkan modalnya di kabupaten Lahat adalah buah manis dari dibukanya kran investasi tanpa ribet, atau dengan kata lain berbagai kemudahan persyaratan berusaha bagi investor dalam dan luar negeri untuk menanamkan modalnya di kabupaten lahat.

”Seperti yang digaungkan oleh Bapak Bupati H.Cik Ujang SH dan Bapak Wakil Bupati Hariyanto SE.MM.MBA semenjak awal masa jabatan Lahat Bercahaya”. Ungkap Yahya Edward SE.M.Si.

PT. Hitay Tanjungsakti Energy adalah perusahaan pemegang izin Penugasan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi (PSPF) panas bumi berdasarkan Surat Keputusan Menteri ESDM No. 1868K/30/MEM/2018.

PT. Hitay Tanjung sakti Energy melaksanakan Sosialisasi Eksplorasi dan Pengembangan Energi Panas Bumi kepada masyarakat di daerah Tanjung sakti terkait explorasi di wilayah tersebut. Sosialisasi ini dihadiri langsung oleh Tim Hitay, Remzi Caner Yilmaz – Managing Director Kerim Hitay – Business Development Manager Tri M. K. Putra, Sr. Geoscience Angga Saputra External Relation & Government Affairs dan Faris Maulana Yunus Geoscientist Hitay energy.

Kadis PMPTSP Memberikan arahan kepada perusahaan Hitay Energy agar memberikan informasi maksud dan tujuan secara terinci tentang investasi panas bumi kepada masyarakat kecamatan Tanjung Sakti Pumi dengan menjelaskan dampak negatif dan positif adanya pengeboran panas bumi di wilayah tersebut.

Hal itu dimaksudian supaya kedepan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan dan dengan masuknya perusahaan asal Turki menanamkan modalnya di Tanjung Sakti PUMI tentunya akan bisa mengangkat perekonomian warga disekitar lokasi explorasi.

Saat ditanya apakah persentasi tenaga kerja yang melibatkan putra daerah, kepala DPMPTSP Kabupaten Lahat tersebut mengatakan bahwa lahan yang akan dilakukan explorasi lokasinya berada di kecamatan Tanjung Sakti PUMI.

”Teman teman media tentu faham maksud saya. Mekanisme dan aturan harus berjalan sesuai aturan. Memang perusahaan profit orientation tapi harus mengutamakan kemakmuran dan kesejahteraa rakyat yang berada di Ring 1 dan sekitar titik explorasi. Kemudian harus pula memberi peluang lapangan pekerjaan untuk masyarakat di Kecamatan Tanjung Sakti Pumi ini dan semua itu diperjuangkan oleh Bapak Bupati Haji Cik Ujang SH,” pungkas Yahya Edward SE.M.Si.

Sosialisasi yang dilakukan pada hari ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan oleh pihak Hitay Energy kepada Bupati Lahat pada tanggal 6 Maret 2023 lalu. (lh)