Pemkab Lahat Gelar Rakor Penanganan Covid-19 Melalui APBDes

21 views

LAHAT | Populinews.com — Rapat Koordinasi Terkait dengan Penanganan Covid-19 di desa melalui anggaran pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) hari ini Rabu (29/04) dilaksanakan di ruang Oproom Setda Lahat.

Turut hadir dalam rapat ini Bupati Lahat Cik Ujang,SH,Wakil Bupati Lahat H.Hariyanto,SE.MM,Sekda Lahat Januarsyah Hambali,SH.MM,Ketua DPRD Lahat,Kapolres Lahat,Dandim 0405,Kajari Lahat,para OPD,Camat dan Ketua Forum Kades serta para tamu undangan yang sempat hadir.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lahat Ekman Mulyadi,S.Sos mengemukakan bahwa salah satu upaya untuk penanggulangan covid-19 saat ini akan di berikan BLT yang berasal dari dana desa.Adapun bantuan tersebut akan di berikan kepada keluarga miskin yang tidak mendapatkan PKH,dana pra kerja ataupun masyarakat yang kehilangan mata pencaharian akibat wabah ini serta yamg memiliki anggota leluarga yang sakit.

Untuk penyaluranya sendiri setelah APBDes diperbaiki oleh kepala desa (Kades), selanjutnya diserahkan kepada camat agar dievaluasi sebelum diberikan kepada DPMD Lahat.Kalaupun ada desa, yang warganya telah menerima bantuan, maka, BLT DD dialihkan kegiatan padat karya tunai.Hal ini kaitannya semata-mata menanggulangi penyebaran covid-19, supaya tidak meluas hingga Kabupaten Lahat.

Sedangkan Bupati Lahat Cik Ujang,SH dalam arahanya mengemukakan sampai saat ini bantuan dari pemerintah pusat maupun provinsi belum turun,sehingga jangan sampai tumpang tindih dengan ketentuan yang ada.

Di tegaskanya tidak bisa hanya lisan akan tetapi harus ada aturan tertulis agar tidak tersangkut dengan permasalahan sampai ke ranah hukum. Sejauh ini, Kades dan Camat sudah mempertanyakan sehubungan dengan Dana desa untuk menangani covid-19 ini.

“Mari kita bersatu bersama-sama untuk mencegah covid-19 berkembang di Kabupaten Lahat dan Insyaallah apabila masyarakat bersatu mematuhi protokol kesehatan covid-19 di Kabupaten Lahat akan cepat mereda.”ujarnya. (*) Rochmi

Bagikan :

Posting Terkait