NATUNA | Populinews.com — Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, Kamis (11/06) pagi, dijadwalkan kembali ke Natuna dengan menggunakan MV Indra Perkasa 159 dari Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang menuju Pelabuhan Penagi, Kecamatan Bunguran Timur.

Sebelum melakukan keberangkatan dari Tanjungpingang yang merupakan salah satu Zona Merah Covid-19 di Kepulauan Riau, Bupati Natuna maupun para Anak Buah Kapal (ABK) MV. Indra Perkasa 159 telah melalui pengecekan Rapid Test dan pengecekan kesehatan lainnya sesuai standar protocol kesehatan Pandemik Covid – 19 dan hasil pengecekan kesehatan semuanya dinyatakan Non reaktif.

Selain itu, Armada MV. Indra Perkasa juga dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan, dengan maksud agar moda transportasi tersebut aman dioperasikan baik bagi ABK maupun penumpang yang ikut dalam keberangkatan tersebut.

Selanjutnya setelah tiba di Kabupaten Natuna, Bupati Natuna dan rombongan serta ABK MV. Indra Perkasa 159 kembali akan Melakukan Karantina Mandiri selama 4 hari, sebelum melaksanakan tugas kedinasan rutin sebagaimana biasanya.

Karantina mandiri tersebut dilakukan sesuai ketentuan dan protocol kesehatan bagi meninjau objek karantina terhadap peluang tertularnya Covid – 19 dari berbagai aktivitas yang dilakukan selama berada di Tanjungpinang.

Dalam masa pengawasan karantina mandiri, Dinas Kesehatan melalui tenaga medis Satgas Penanganan Covid – 19 Kabupaten Natuna akan terus memantau perkembangan kesehatan bagi melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid – 19.

Bupati Natuna ketika dihubungi melalui telephon genggamnya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi terlalu merasa khawatir, sebab pelan-pelan kita akan memasuki masa New Normal, bagi pemulihan kembali setiap sektor yang sebelumnya terdampak pandemi Covid-19.

Meski demikian, Hamid Rizal juga terus menghimbau agar masyarakat terus meningkatkan kesadaran diri, melakukan pencegahan secara pribadi sesuai protocol kesehatan dalam setiap aktivitas rutin yang dilakukan. (hms)