PAGAR ALAM | Populinews.com — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengaku bangga Kota Pagaralam telah menerapkan pengembangan energi hijau, Presiden mengakui bahwa dunia global semunya menuju Energi Baru Terbarukan (EBT) dimana semua negara juga telah mulai merencanakan untuk menuju energi hijau, baik itu energi matahari, hydropower, energi geothermal, energi arus laut, dan angin.

Hal tersebut disampikannya secara langsung saat Apresiasi Kota Pagaralam sebagai kota Energi Hijau oleh Presiden Joko Widodo di Lapangan Merdeka Pagar Alam, Senin (24/1/2022)

Presiden Jokowi memuji Pemerintah Provinsi Sumsel dan Pemerintah Kota Palembang yang telah berupaya menerapkan EBT. Menurutnya, akan sangat baik sekali apabila kota Pagaralam sudah memulai penggunan dari mikrohydro.

Sementara Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam laporannya menuturkan, Kota Pagar Alam merupakan kota yang supply energi listriknya berasal dari pemanfaatan tenaga air sebagai sumber energi untuk masyarakatnya, hal tersebut upaya bersama dari Kementerian BUMN, Kementerian Investasi, PLN, Pemprov Sumsel dan Pemerintah Kota.

Herman Deru menyebut, sangat membanggakan Kota Pagar Alam juga merupakan kota di dalam Wilayah Sumatera Selatan yang memiliki berbagai sumber energi baru terbarukan seperti Panas Bumi dan Tenaga air yang nanti kedepannya mampu untuk mensuplay kebutuhan energi untuk kelistrikan.

Turut hadir Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. (hms)