PALEMBANG | Populinews.com – Gubernur Sumsel H Herman Deru sangat berbangga hati kepada masyarakat Tanjung Sari 2 Kelurahan Bukit Sangkal Kecamatan Kalidoni yang telah memakmurkan dan memuliahkan Masjid Deviansyah Habibullah dengan berbagai kegaiatan keagamaan.

“Saya bangga sekali, tidak terbayang saya dapat resmikan masjid sekaligus sholat jumat berjamaah di masjid yang begitu luar biasa. Saya apresiasi langkah warga sekitar yang bergotong-royong untuk membangun masjid ini karena upaya untuk memuliahkannya,” kata Herman Deru saat melakukan Agenda Safari Jumatnya, (11/2/2022).

Menurutnya kegiatan keagaman yang telah dilakukan masjid ini patut diapresiasi salah satunya adalah rumah tahfidz, dimana kegiatan tersebut Bapak Pembangunan Sumsel itu menilai sangat sejalan dengan program Pemprov Sumsel seperti satu desa satu rumah tahifdz.

“Rumah tahfidz ini sangat berkontribusi bagi syiar agama kita untuk entaskan buta aksara. Saat ini jumlahnya sudah melampaui target sekitar 3.500 rumah tahfidz di Sumsel,” ucapnya.

Dia menjelaskan safari jumat ini terus dilakukanya bahkan sudah sejak beberapa tahun yang lalu ketika masih Bupati OKU Timur.

Melalui safari jumat ini, Herman Deru mengaku banyak sekali manfaatnya selain dapat bersilaturahmi tapi juga untuk melihat kondisi daerah sekitar termasuk membantu setiap rumah ibadah.

HD menghimbau panitia masjid untuk tidak meminta uang sumbangan pembangunan masjid dijalan, selain merendahkan agama Islam. “Ini juga berbahaya bagi keselamatan orang yang meminta dijalan”, ucap HD.

Dikesempatan itu HD juga menandatangani prasasti tanda diresmikannya Masjid Deviansyah Habibullah untuk digunakan masyarakat sekitar dalam menjalankan ibadah.

HD beserta pendamping memberikan bantuan sebesar Rp100 juta sebagai untuk menyempurnakan bangunan masjid dengan membeli lahan yang ada dibelakang bangunan masjid.

”Bantuan ke masjid ini agar tidak ada lagi warga yang memungut-mungut sumbangan dijalan sebab hal tersebut resikonya begitu tinggi,” ujarnya.

Turut hadir pada kesempatan ini, imam/khatib jumat, Juli Iskandar, Muadzin, Selamat Riyadi, Camat Kalidoni, Rama Cahya Putra, Tokoh Masyarakat, H Muhammad Haie Haitami serta para Kepala OPD dilingkungan Pemprov Sumsel. (hms)