PALEMBANG | Populinews.com — DPRD Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rapat Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi Provinsi Sumatera Selatan Ke-76, Selasa (17/5/2022), di Dining Hall Jakabaring Sport City Palembang,

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Prov. Sumsel; Hj. RA. Anita Noeringhati, SH, MH bersama Wakil Ketua, yakni H.M. Giri Ramanda N Kiemas, SE, MM. Tampak hadir Gubernur Sumsel; H. Herman Deru, Wakil Gubernur Sumsel, Ir. H. Mawardi Yahya.

Dalam Kesempatan Tersebut Ketua DPRD Prov. Sumsel mengapresiasi capaian pembangunan yang telah dicapai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel.

“Pada Kesempatan yang berbahagia ini, apresiasi kami sampaikan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur dalam membangunan Sumatera Selatan dengan diperolehnya penghargaan dalam Ajang Public Leader Awards 2022 dengan kategori Wilayah Sumatera terbaik, dimana penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi atas capaian-capaian Gubernur Sumatera Selatan, yang dinilai mampu menampilkan kepemimpinan inovatif dan produktif untuk mendorong pembangunan dengan mengedepankan tata kelola pemerintahan yang yang baik,” jelas Ketua DPRD Prov. Sumsel.

Dikatakan, adapun kriteria dijadikan penilaian untuk kategori wilayah akan dilihat dari segi pembangunan dan ekonomi kesejahteraan rakyat, pelayanan publik, serta pembangunan kesehatan, termasuk didalamnya penanganan Covid-19.

“Dari Segi Pembangunan Ekonomi Dan Kesejahteraan Rakyat, Sumatera Selatan Telah Berhasil Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menurunkan angka kemiskinan dalam kurun satu tahun terakhir yakni September 2020 s.d September 2021 sebesar 0,19 % dari 12,98 % menjadi 12,79 % (Sumber data BPS Sumsel). hal ini merupakan motivasi kita bersama agar saling bahu membahu secara terus-menerus untuk lebih meningkatkan program-program yang berhubungan langsung dengan masyarakat pra-sejahtera dalam rangka pengentasan kemiskinan di Sumatera Selatan,” Lanjut Ketua DPRD Prov. Sumsel.

Khusus dalam penanangan Covid-19 Ketua DPRD Menyampaikan Apresiasi kepada Gubernur/Wakil Gubernur dan semua pihak terkait.

“Dalam penanganan Covid-19 apresiasi juga kami sampaikan kepada Gubernur, Wakil Gubernur, Kapolda, Pangdam, Kabinda, Tenaga Kesehatan, Relawan, Satgas Covid-19 serta seluruh komponen masyarakat yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang bekerja sama saling bahu-membahu dalam menurunkan angka Covid-19 di Sumatera Selatan” Terang Ketua DPRD Prov. Sumsel.

Selain kepada Gubernur dan Wakil Gubernur juga disampaikan Ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Para Mantan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan serta para mantan pimpinan dan anggota DPRD, bupati maupun walikota Se-Sumatera Selatan yang telah memberikan kontribusi melalui kiprah dan karya dalam membangun Provinsi Sumatera Selatan.

Apresiasi juga diberikan kepada tokoh masyarakat, politisi, cendikiawan, akademisi, budayawan, Kalangan dunia usaha, Insan Pers, Tokoh Wanita, tokoh pemuda, kalangan LSM yang juga berperan dalam kemajuan Sumatera Selatan.

Disamping itu juga Ketua DPRD Prov. Sumsel menyampaikan bahwa hubungan Pemerintah Daerah dan DPRD Provinsi Sumatera Selatan selama ini berjalan dengan baik dan penuh kebersamaan.

Senada dengan Ketua DPRD Prov. Sumsel pada pidatonya Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru menyampaikan sekilas sejarah terbentuknya Provinsi Sumatera Selatan dan pentingnya momentum Hari Jadi Prov. Sumsel sebagai sarana evaluasi pembangunan daerah.

Kemudian dalam pidatonya juga Gubernur menyampaikan upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19 utamanya pemulihan ekonomi masyarakat serta urgensi Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang telah di launching tahun 2021, Sesuai tema pada Hari Jadi Prov. Sumsel ke-76 yaitu “Dengan semangat Hari Jadi Sumatera Selatan ke-76, Kita Wujudkan Sumsel Mandiri Pangan”

Agenda Paripurna Istimewa ditutup dengan membaca Do’a Bersama yang dipimpin oleh; Abadil, S.Ag, M.Si, Turut Hadir Mendagri yang dihadiri oleh Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemedagri; Dr. Drs. A. Fatoni, M.Si, KPK RI, Deputi Brigjen. Pol. Yudhiawan Wibisono, S.IK, M.Si, BPKP RI; Saut Parulian Pasaribu, SE, MM, Pj. Sekretaris Daerah; SA. Supriono, Serta Perwakilan OPD dan Tamu undangan lain baik secara langsung maupun virtual. (adv/hms)