Olah: Rozaq Mustofa Lutfi, S.Pd., Gr.
PNS (Guru Ahli Pertama) Guru Teknik Pemesinan SMKN 2 Pamekasan

Pendidikan adalah fondasi utama bagi perkembangan suatu bangsa. Sebagai garda depan pembangunan intelektual, peran seorang guru sangatlah penting. Bagi para freshgraduate yang memiliki semangat tinggi untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan, Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan menjadi salah satu pilihan terbaik untuk merintis karier sebagai seorang pendidik. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa PPG Prajabatan adalah opsi yang tepat dan mengapa para freshgraduate harus mempertimbangkan jalur ini untuk memulai karier mereka sebagai guru.

Menurut Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen,  guru adalah pendidik profesional.  Definisi Profesional sendiri adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi. Sehingga untuk menjadi guru perlu mengikuti PPG.

PPG Prajabatan adalah program pendidikan yang secara khusus dirancang untuk calon guru. Program ini menawarkan materi dan pelatihan yang terfokus pada pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pendidik yang berkualitas. Berbeda dengan program pendidikan umum lainnya, PPG Prajabatan secara khusus membekali calon guru dengan berbagai strategi pengajaran, manajemen kelas, dan pemahaman mendalam tentang psikologi anak. Hal ini membantu mempersiapkan freshgraduate dengan landasan yang kuat untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan.

Seorang guru bukan hanya mengajarkan pelajaran, tetapi juga berperan sebagai panutan dan teladan bagi para siswa. PPG Prajabatan menekankan pentingnya memahami etika dan tanggung jawab sosial sebagai seorang pendidik. Ini mencakup memahami dan menghormati keberagaman, mengembangkan disiplin diri, serta berkomitmen untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Dengan nilai-nilai ini tertanam dalam diri para freshgraduate, mereka akan lebih siap dalam menjalankan tugas mulia sebagai seorang guru.

Pengalaman Lapangan yang Berharga:
PPG Prajabatan juga menyediakan kesempatan bagi calon guru untuk mendapatkan pengalaman lapangan yang berharga. Program ini mengharuskan peserta untuk menjalani magang di sekolah-sekolah, yang memungkinkan mereka merasakan langsung lingkungan kelas dan tantangan yang dihadapi seorang guru. Pengalaman ini membantu para freshgraduate untuk memahami secara lebih mendalam realitas profesi guru dan mengevaluasi apakah karier ini sesuai dengan minat dan kompetensi mereka.

Setelah lulus PPG prajabatan Pendidik tersebut akan di tempatkan sesuai kebutuhan, sehingga tidak perlu mencari tempat untuk mengajar. Tidak perlu kebingungan setelah lulus nantinya. Jaminan ini diberikan karena proses seleksi yang diterima sesuai degan kebutuhan guru di masa depan.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, pemerintah sering kali memberikan prioritas bagi guru-guru yang memiliki sertifikasi PPG Prajabatan. Oleh karena itu, memiliki sertifikasi ini dapat memberikan keuntungan berupa tunjangan sertifikasi nantinya. Tunjangan sertifikasi sendiri di dapatkan guru ketika lulus PPG.

Dibandingan PPG dalam Jabatan, PPG Prajab mempunyai peluang lebih cepat mendapatkan sertifikat pendidik. Untuk mengikuti PPG Daljab sendiri mempunyai NUPTK, syarat NUPTK sendiri 2 tahun mengajar, itu adalah waktu tercepat untuk mendapatkan NUPTK, sedangkan panggilan PPG dalam jabatan masih belum bisa dipastikan karena sesuai dengan kebutuhan guru dan antrian guru sebelum kita.

PPG Prajabatan menyediakan dukungan dan jaringan profesional yang sangat berharga. Selama menjalani program ini, para freshgraduate akan berinteraksi dengan sesama calon guru, pengajar, dan praktisi pendidikan lainnya. Hal ini membuka peluang untuk membangun hubungan dan kolaborasi yang akan berguna dalam perkembangan karier mereka sebagai guru.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika kita mengikuti PPG Prajabatan jika ingin menjadi guru. (*)