LAHAT | Populinews.com – Bupati Lahat H Cik Ujang SH didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat Hj Lidyawati S Hut MM, Senin(31/7/2023), membuka secara resmi lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Konsumsi Pangan Berbasis Pangan Lokal Tingkat Kabupaten Lahat yang digelar di Gedung Kesenian Lahat.

Tampah hadi juga Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM dan Ketua GOW Kabupaten Lahat Hj Sumiyati Haryanto.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat Ibni Norris SE MM dalam laporannya menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan/menciptakan menu makanan yang berbasis sumber lokal. Peserta lomba terdiri dari 24 Kecamatan dalam Kabupaten Lahat dan 6 UMKM yang ada.

“Dengan adanya bentuk kepedulian Pak Bupati terhadap masyarakatnya, Bapak mengintruksikan kepada kami untuk menyediakan beras. Jadi insya Allah di Dinas Ketahanan Pangan ada stok beras yang banyak, inilah bentuk wujud kepedulian Pak Bupati terhadap rakyatnya. Terima kasih kepada Pak Bupati Lahat yang telah mendukung dan mensupport acara kami ini. Kepada seluruh Dewan Juri dan Peserta kami ucapkan juga Terima kasih atas partisipasinya dan Terima kasih telah mendukung penuh acara lomba ini,” sampai Norris.

Sementara Dalam sambutan Bupati Lahat H Cik Ujang SH mengatakan Pembangunan suatu Bangsa ditentukan oleh ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas, yaitu memiliki fisik yang tangguh, mental yang kuat, kesehatan yang prima serta cerdas. Bukti empiris menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia sangat dibutuhkan oleh gizi yang baik dan seimbang yang secara langsung ditentukan oleh faktor konsumsi pangan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

“Dan Pemerintah Kabupaten Lahat berharap untuk terus dapat mengembangkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal sehingga diharapkan setelah diadakan lomba ini keinginan untuk mengkonsumsi dan mengembangkan pangan beragam, bergizi seimbang dan aman terus meningkat,” harapnya.

Kategori Display Produk Olahan Pangan Lokal Komersil Produk Intermediate dan Snack : “Pandan Wangi” Pandang Arang Ulu (Juara I), “Dapur Rindu Alam” Gunung Kerto (Juara II), Snack Aqila Lahat (Juara III), Pulau Pinang (Juara Harapan I), Lahat Selatan (Juara Harapan II), Gumay Talang (Juara Harapan III).

Kategori Display Paket Lunchbox B2SA : Kecamatan Lahat (Juara I), “Pandan Wangi” Pandan Arang Ulu (Juara II), Gumay Talang (Juara III), Dapur Rindu Alam Gunung Kerto (Juara Harapan I), Sukamerindu (Juara Hadapan II), RZ Lahat (Juara Harapan III). (lh)