LUBUK LINGGAU | Populinews.com – Gubernur Sumsel H Herman Deru, mengatakan peran pers sangat penting dalam mendukung pembangunan, termasuk di Sumatera Selatan. Satu hal yang sangat perlu diperhatikan adalah mengenai kualitas dan akurasi informasi yang disampaikan, yang sebenarnya sangat ditentukan oleh profesionlisme para wartawan itu sendiri.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru saat menghadiri hari Puncak Peringatan HUT PWI ke-77/HPN tahun 2023 yang di pusatkan di Kota Lubuk Linggau. Dihadiri oleh anggota PWI se Sumatera Selatan bertempat di Grand Zury, Kota Lubuk Linggau, Sabtu (5/8/2023)

“Betapa penting peran pers dalam mendukung pembangunan provinsi Sumatera Selatan. Mulai dari saya menjabat sebagai bupati, selalu menyempatkan hadir di setiap HUT PWI. Hal tersebut menunjukkan bahwa kita harus menjaga hubungan baik dengan para wartawan” ujar HD.

Dilanjutkannya senioritas PWI sudah teruji selama 77 Tahun. Hal yang terpenting saat ini adalah menjaga eksistensi dan nama baik wartawan.

“Setiap orang bisa menjadi wartawan apa saja. Wartawan olahraga, pendidikan, kesehatan , kuliner. Berita didapat darimana saja, apalagi berita online dapat diterima dimana saja, secara realtime. Namun keberadaan PWI tetap berdiri kokoh di tempatnya dengan selalu menjaga eksistensi dan nama baik wartawan. Filternya ya dengan UKW,” tambah HD.

Untuk itu HD menegaskan agar PWI Sumsel memasifkan pelaksanaan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) untuk wartawan. Karena, UKW sebagai barrier dalam melaksanakan kerja jurnalis.

“Saya minta agar Pemerintah Kabupaten/Kota mendorong membantu PWI merekruitmen insan pers dalam mengikuti UKW agar swmakin memahami doktrin wartawan yang independen mnjaga kualitas, menjaga kebebasan pendapat dalam menyebarkan informasi tanpa melewati batas” tutup HD.

Turut hadir Ketua Dewan Pers Dr Ninik Rahayu, Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe, Sekjen PWI Suprapto ,Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar, Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah. (hms)