LAHAT | Populinews.com – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Lahat periode 2023-2028 resmi dilantik Bupati Lahat, H Cik Ujang SH di pendopoan, Selasa (8/8/2023).

Tampak hadir pada agenda ini Sekda Lahat, Katua TP-PKK Lahat, Ketua GOW, Ketua DWP, staf ahli, para asisten, seluruh KBG, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambuatannya Bupati Lahat H Cik Ujang berharap IWAPI harus mampu mendongkrak kearifan lokal agar memberi dampak positif bagi daerah, serta mampu mengedepankan menu tradisional lokal untuk unit usaha rumahan agar menjadi ciri khas daerah.

”Salah satu cara untuk membuat daya tarik masyarakat luar daerah datang dan betah di Lahat, adanya sajian menu khas daerah yang dijual. Inilah tugas IWAPI agar mampu mensosialisasikan dan mengajak para wanita pengusaha agar menciptakan produk lokal untuk diperdagangkan baik skala rumahan maupun besar,” jelasnya.

Pengurus, lanjut dia, dan anggota IWAPI semuanya pedagang baik kecil maupun besar. Jika kearifan lokal khususnya menu daerah ditonjolkan, maka bukan tidak mungkin wisatawan akan betah berkunjung kesini.

“Tinggal bagaimana kreasi, inovasi, terobosan untuk meningkatkan dan memaksimalkan potensi yang ada, sehingga mampu memberikan angin segar kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), agar terus berkembang pesat,” tegas H Cik Ujang.

Sementara itu, Ketua Umum DPC IWAPI Kabupaten Lahat, Hj Sefriati S Sos menuturkan, saat ini sebanyak lebih kurang 100 wanita pengusaha telah tergabung dalam IWAPI, mulai dari pedagang asongan, kuliner dan kerajinan. Karenanya, apa yang menjadi Visi Misi akan diusahakan berjalan agar sesuai dengan yang diharap kan Pemkab khususnya masyarakat kabupaten Lahat.

“Mudah-mudahan kami bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai amanah yang diberikan. Sangat mengharapkan dukungan dan kerjasamanya kepada pengurus IWAPI dapat melaksanakan tugas, serta tanggung jawab sesuai dengan bidang yang telah dipercayakan. Sehingga organisasi ini mampu menjadi salah satu komponen penggerak ekonomi di Kabupaten Lahat,” tutupnya.

Senada, Ketua Umum DPD IWAPI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Ir Reni Marsiana SE menyampaikan, Pelantikan dan pengukuhan ini menjadi awal dari komitmen untuk secara bersama memajukan Kabupaten Lahat. IWAPI Lahat tidak bergerak sendiri, tetap harus ada kebijakan-kebijakan yang pro pengusaha perempuan.

“Selain itu, kami juga mengharapkan peran IWAPI Kabupaten Lahat dapat berperan aktif dalam meningkatkan peran serta dalam pembangunan ekonomi Kabupaten Lahat,” harapnya. (lh)