MUARA ENIM – Guna mendukung terwujudnya kualifikasi tenaga kerja yang terampil dan berkualitas serta bersertifikasi nasional, Rabu pagi (09/08/2023) bertempat di Balai Agung Serasan Sekundang, Muara Enim, Plt. Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LL.M (Bham)., LL.M (Abdn)., Ph.D., bersama Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi Republik Indonesia (BNSPRI), Kunjung Masehat, S.H., M.H., menandatangani Nota Kesepakatan Bersama (MOU).

Hal ini juga mendapat apresiasi oleh Kepala BNSP yang mengatakan bahwa Pemkab. Muara Enim merupakan yang pertama sebagai kabupaten di Indonesia yang menjalin kerja sama dengan BNSPRI.

Dalam sambutannya Plt. Bupati yang hadir didampingi Asisten Pemerintah dan Kesra, Drs. H. Emran Tabrani, M.Si., beserta kepala perangkat daerah lainnya mengapresiasi atas telah terlaksananya penandatanganan kesepakatan bersama ini yang nantinya dapat ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) oleh organisasi perangkat daerah terkait lainnya.

Melalui kerja sama ini dirinya berharap semoga ke depan dapat meningkatkan daya saing sumber daya manusia lewat adanya pengakuan berupa sertifikasi terhadap keahlian profesi yang dimiliki oleh para tenaga kerja.

Untuk itu dirinya menginstruksikan para perangkat daerah agar responsif menindaklanjuti kesepakatan ini dengan melakukan pemetaan dan mengidentifikasi potensi kerja sama yang dapat dikembangkan untuk kemudian disepakati dalam hubungan kerja sama.

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan penandatangan nota kesepakatan bersama antara Lembaga Sertifikasi Profesi Alat Berat Indonesia (LSPABI) dalam hal ini Ketua LPSABI, Agus Suyitno, dengan Balai Latihan Kerja Kab. Muara Enim, Zukri Imansyah, yang turut disaksikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Hj. Siti Herawati, S.H.