MUARA ENIM | Populinews.com – Bertepatan pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Plt. Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LL.M (Bham)., LL.M (Abdn)., Ph.D., meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Irigasi Karang Raja yang bertempat di Dusun V, Desa Karang Raja, pada Kamis (17/08).

Setelah diresmikan, pembangunan PLTS irigasi yang merupakan program pengembangan masyarakat berkelanjutan persembahan PT. Bukit Asam Tbk (PTBA) ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian sosial ekonomi masyarakat dan mengoptimalkan hasil produksi pertanian.

Dalam sambutannya Plt. Bupati yang hadir bersama Ketua DPRD, Liono Basuki, B.Sc., beserta segenap unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Plt. Ketua TP. PKK. Nurul Vita Utami Kaffah, S.E., menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi penuh PTBA melalui Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PTBA Suherman yang sudah menghadirkan dan mempelopori pembangunan PLTS Irigasi Karang Raja di Kabupaten Muara Enim ini.

Dirinya-pun berharap semoga program yang baik ini juga dapat terus ditingkatkan serta dilanjutkan oleh PTBA untuk pembangunannya di tempat atau di desa lain dalam Kabupaten Muara Enim.

Pada peresmian yang turut dihadiri Kades Karang Raja, Okta Vianti, A.M.Keb., itu Direktur SDM PTBA melaporkan bahwa pengoperasian PLTS Irigasi Karang Raja ini nantinya akan mengaliri lahan persawahan seluas kurang lebih 35 hektar dan memberikan manfaat kepada 121 petani dengan diprediksi peningkatan panen sebesar 120 ton Gabah Kering Giling per-tahunnya. (al)