LAHAT | Populinews.com – Pemerintah Kabupaten Lahat terima bantuan unit mobil pemadam kebakaran dari PT BPI Banjar Sari, serah terima itu berlangsung di halaman Pemkab setempat pada hari Senin (28/8/2023).

Hadir dalam acara itu Bupati Lahat H,CIK Ujang SH, Wabup H.Haryanto, Sekda Chandra SH MM, Komisaris BPI Sri Andini, Direktur Utama BPI Wibisono, Dir ke uangan, Dir PDAM, Kasat Pol PP Heri K, OPD, Kepala Dinas dan pejabat penting lainnya.

Direktur Utama PBI Wibisono pada kesempatan itu menyampaikan penyerahan bantuan unit Armada Damkar sebanyak 1 unit berkapasitas 3500 liter diberikan kepada Pemkab Lahat.

Dia juga menyampaikan bahwa pada saat MOU hingga sekarang perusahaan PBI berjalan lancar, menurutnya karena ada dukungan dari Pemkab Lahat, dan pihaknya ingat saat itu dimana Pemkab Lahat membutuhkan Unit Pemadam kebakaran, dan tibalah saatnya pihak perusahaan berkomitmen kuat sehingga baru sekarang bisa terlaksana berikan bantuan tersebut.

” Sudah sewajarnya PBI membantu Pemerintah Kabupaten Lahat yaitu memberikan 1 unit Armada Pemadam Kebakaran, dan Armada Damkar ini berkapasitas 3500 liter,” terangnya.

Bupati Lahat H.Cik Ujang SH dalam acara itu menyampaikan rasa terima kasihnya kepada jajaran pihak PBI yang telah berikan bantuan tersebut.

” Terima kasih kepada Komisaris PBI Sri Andini, Direktur Utama Wibisono, Direktur Ke- uangan, dan kepada seluruh jajaran Perusahaan yang sudah memberikan bantuan kepada Pemkab Lahat,” sambutnya.

Selain itu juga Bupati mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh yang hadir di acara tersebut, dan sekaligus memberikan ucapan selamat Ulang Tahun kepada PBI.

Menurut CIK Ujang, bantuan itu sangat bermanfaat sehingga bisa membantu dalam pengendalian kebakaran khususnya di kabupaten Lahat, dia juga menerangkan di musim kemarau amatlah rentan terjadi kebakaran, mengingat di Kabupaten Lahat terutama di pemukiman masyarakat rumah-rumah sudah berusia 20 tahun lebih, instalasi listriknya dikawatirkan terjadi konsliting dan menimbulkan kebakaran, sedangkan Pemkab Lahat hanya memiliki 8 Armada Damkar, 4 unit untuk di Kecamatan dan 4 unit stundby.

Dalam kesempatan itu juga dia menghimbau kepada Pol PP untuk secepatnya adakan pelatihan pemadam kebakaran khususnya bagi relawan- relawan, dalam rangka antisipasi di musim panas itu.

“Maunya saya di setiap wilayah ada Armada pemadam kebakaran berikut denganArmada pengangkut airnya,” katanya.

Selanjutnya Pihak Pemkab akan mengupayakan memperdayakan UMKM di wilayah itu untuk meningkatnya ekonomi, dan menuju masyarakat sejahtera, Lahat Bercahaya. (lh)