LAHAT | Populinews.com – Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Pekerjaan Umum, dan Penataan Ruang telah melaksanakan salah satu kegiatan yang bertajuk Sosialisasi Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Pembangunan Gedung Tahun 2023 yang dilaksanakan dari tanggal 30-31 Agustus 2023 di Hotel Bukit Serelo Lahat.

Yang dibuka langsung oleh Bupati Lahat H Cik Ujang SH, Narasumber Dari Dinas Perkim Provinsi Sumsel Dr Ir KM Aminudin ST MT IPM ASEAN Eng, Narasumber Balai Prasarana Permukiman wilayah Sumsel Endang Surya SH ST Msi, Kepala OPD terkait, Camat Lahat, Camat Merapi Barat, Seluruh Peserta sosialisasi dan tamu sesuai undangan.

Mirza Azhari ST MT Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lahat melaporkan Kabupaten Lahat ini menjadi Kabupaten yang ke-2 dalam mengadakan SIMBG ini. Sosialisasi ini kami anggap perlu, karena ini terjadinya perubahan pradikma dari yang tadinya bernama IMB akan berubah menjadi PBG. Jadi, kami disini berkolaborasi dengan pihak PTSP mengadakan sosialisasi ini agar tidak ada dusta diantara kami.

Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada Pemerintah, swasta dan masyarakat setempat yang saat ini semakin ramai mendirikan bangunan Gedung sehingga lebih memperhatikan kelengkapan administrasi dengan sistem dan inovasi yang terpadu melalui sistem digital. Peserta sosialisasi ini berjumlah 60 orang, yang terdiri dari OPD, Kecamatan, Kelurahan, Kepala Desa, Pelaku Usaha, Pelaku Usaha Swasta di Bidang Pemukiman dan Perumahan (REI),” Laporannya.

Adapun Dasar sosialisasi ini adalah UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang cipta kerja, Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Bangunan Gedung, dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 22 Tahun 2021 tentang Pedoman Bangunan Gedung.

Selanjutnya Dinas Perkim Provinsi Sumatera Selatan Dr Ir KM Aminudin ST MT IPM ASEAN ENG mengucapkan Kami mengucapkan terima kasih telah mengapresiasi kegiatan ini, terutama kepada Bapak Bupati yang telah mendukung terselenggaranya sosialisasi SIMBG ini. Selain itu, yang telah selama ini pro aktif mengikuti kegiatan yang diselenggarakan di Provinsi baik yang bersumber dari Kementrian PUPR maupun dari Provinsi Sumatera Selatan terkait dengan penyelenggaraan bangunan Gedung.

Tahun ini memang baru Kabupaten Lahat yang berinisiatif melaksanakan sosialisasi SIMBG dan mengundang Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumsel sebagai wujud sinergisitas antara Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota. Semoga hal ini juga selaras dengan visi dan misi Bapak Bupati Lahat yaitu membangun bersama, memajukan kesejahteraan menuju Lahat bercahaya,” paparnya.

Sementara itu Bupati Lahat H Cik Ujang SH Menyampaikan dalam sambutannya Kegiatan sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG), yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Lahat dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang bertujuan memberikan pemahaman dan pengembangan wawasan sistem elektronik berbasis web yang digunakan untuk melaksanakan proses penyelenggaraan PBG, SLF, SBKBG, RTB, dan Pendataan disertai dengan informasi terkait penyelenggaraan bangunan gedung.

“Pemerintah Daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Pendataan Ruang dapat memfasilitasi penyelesaian permasalahan yang dihadapi pemilik sebuah Gedung atau Perwakilannya untuk memulai pembangunan, merenovasi, merawat, atau mengubah bangunan Gedung tersebut sesuai dengan yang direncanakan,” katanya

H Cik Ujang juga mengharapkan sekali kepada peserta agar dapat berperan aktif dalam membantu Pemerintah Kabupaten Lahat dalam hal ini Dinas PUPR dalam penyelenggaraan bangunan Gedung sehingga lebih tertib dan transparan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dengan adanya SIMBG.

“Diharapkan proses penyelenggaraan bangunan Gedung juga menjadi lebih efektif dan koordinasi antar perangkat Daerah terkait menjadi lebih jelas, terintegrasi secara elektronik atau online, melalui online single submission (OSS),” harapannya. (lh)