LAHAT | Populinews.com – Program bantuan 3 juta bibit ikan untuk permbedayaan masyarakat peternak ikan di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan, terus digalakkan. Pada Jum’at (1/9/2023), Pemkab Lahat melali Dinas Perikanan kembali menggelontorkan ratusan ribu bibit Ikan Nila untuk kelompok peternak.

Pemberian bantuan bibit ikan Nila tersebut berlangsung di kediaman Kepala Desa Air Dingin Lama, Kecamatan Tanjung Tebat. pendistribusian bibit ikan untuk 16 kelompok peternak yang ada di 5 kecamatan, yaitu Tanjung Tebat, Kota Agung, Mulak Ulu, Mulak Sebingkai, dan Pagar Gunung.

Pendistribusian bibit ikan ini diserahkan langsung oleh Agustia Budiman Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lahat. Pendistribusian bibit ikan nila yang diberikan pada tiap kelompok ini sebanyak 48 kantong dengan total ikan 12.000 ekor. Pernyataan ini disampaikan Bupati Lahat H. Cik Ujang melalui Agustia Budiman kepada 16 kelompok sebelum penyerahan bibit ikan secara pada masyarakat.

“Ikan yang kita distribusikan hari ini yaitu ikan nila, dengan masing-masing kelompok mendapat 12000 ekor ikan, dan hari Minggu 3 September kami distribusikan ikan emas,”jelasnya.

Hal ini juga diperjelas oleh Maruly Kasi Budidaya Dinas Perikanan kabupaten lahat, bahwa program pemerintah untuk mendistribusikan 3 juta ikan pada masyarakat sekabupaten lahat telah mulai direalisasikan. Pertama kali pendistribusian bibit ikan tersebut dilaksanakan di wilayah Kota Agung area.

“Hari Minggu kita distribusikan ikan emas ke masing-masing kelompok. Kami berharap ikan yang telah didistribusikan dapat berkembang biak dan menjadi pemasukan bagi kelompok yang ada di desa,”ungkapnya.

Sementara itu, Anidi kepala desa Sengkuang mewakili kelompok penerima ikan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Lahat yang telah memberikan bantuan bibit ikan kepada masyarakat melalui kelompok.

“Semoga ikan yang telah kami terima ini dapat berkembang biak sehingga memberikan pemasukan bagi desa,” tandasnya. (lh)