PALEMBANG | Populinews.com – Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) ke-XVI Sumatera Selatan tahun 2023 yang digelar di Kota Palembang telah resmi ditutup. Closing ceremony dilaksanakan di Dining Hall Jakabaring Sport City, Minggu (3/9/2023) malam.

Penutupan POPNAS ke-XVI dilakukan langsung Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel, Ir. S.A. Supriono bersama Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Kemenpora RI, Bayu Rahardian dan Asisten Deputi Tenaga dan Organisasi Olahraga Kemenpora RI, M. Aziz Ariyanto. Turut hadir Forkopimda Provinsi Sumsel serta para kepala OPD Provinsi Sumsel.

Sekda Provinsi Sumsel, Ir. S.A. Supriono mewakili Gubernur Semsel menyampaikan apresiasi kepada seluruh insan olahraga dari seluruh indonesia yang telah berpartisipasi pada POPNAS ke-XVI. Kepada para atlet dia mengharapkan terus berprestasi dan berlatih dengan dedikasi guna menghadapi berbagai kejuaraan kedepan.

“Harapan kami, semua kontingen akan selalu ingat dengan Kota Palembang dan dapat kembali ke Palembang bersama keluarga dan sahabat,” ucapnya.

Supriono mengatakan, melalui POPNAS ke-XVI para peserta telah menunjukan kemampuan dan menghasilkan prestasi dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas sesuai dengan tema “Berprestasi untuk Negeri”.

Menurutnya, ajang tersebut bukan semata mencari juara akan tetapi mencari persahabatan dan persaudaraan antar pelajar dan insan olahraga. “Mari terus memupuk rasa persatuan dan kesatuan sebagai insan olahraga dan pelajar,” ajaknya.

Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Kemenpora RI, Bayu Rahardian mengatakan, POPNAS selanjutnya akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh sebagai tuan rumah penyelenggaraan POPNAS XVII tahun 2025 mendatang. “Kepada para atlet sampai jumpa di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II POPNAS ke-XVI yang juga Plt. Kadisdik Provinsi Sumsel H. Sutoko mengatakan, POPNAS ke-XVI telah berlangsung sukses dan lancar tanpa kendala yang berarti. Dilaksanakan sejak 26 Agustus sampai 3 September 2023 itu diikuti 6495 atlet dari perwakilan 34 provinsi se-Indonesia mempertandingkan 22 Cabor Wajib dan 2 Cabor Ekspedisi.

Juara umum pertama berhasil diraih Provinsi DKI Jakarta dengan total 171 medali yakni 81 emas, 49 perak dan 41 perunggu, juara umum kedua diraih Provinsi Jabar dan juara umum ketiga diraih Provinsi Jatim.

Kemudian, juara umum ke empat diraih Provinsi Jateng, ke lima Daerah Istimewah Yogyakarta dan tuan rumah Provinsi Sumsel berada di Posisi 6 besar nasional dengan total 49 medali yakni 10 emas, 16 perak dan 23 perunggu. (agt/hms)