LAHAT | Populinews.com – Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) Tahun 2023, Kamis (7/9/2023) kembali dilaksanakan di Kabupaten Lahat. Kali ini digelar di Desa Gedung Agung, Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat.

Kegiatan ini dipusatkan di halaman SD Negeri 03 dan SD Negeri 08, dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, SE, MM, TBUPP. Tampak hadir Kepala OPD terkait, Camat Merapi Timur, Camat Merapi Barat, Perwakilan Koramil Merapi Timur, Perwakilan Polres Merapi Timur, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat Hj. Sumiati Haryanto, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ria Apriani Chandra, Kepala Urusan Agama Merapi Timur, Kepala Sekolah, Kepala Desa Gedung Agung beserta perangkatnya, seluruh anak-anak SD dan undangan lainnya.

Dalam sambutan Wakil Bupati Lahat H. Haryanto mengatakan, Kabupaten Lahat saat ini melaksanakan kegiatan gerakan memasyarakatkan makan ikan dengan sasaran anak anak Sekolah Dasar yang bertujuan untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif.

“Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, halal dan baik, ikan juga bisa menjadi hidangan prioritas. Ikan dapat diolah menjadi Menu hidangan yang menarik melalui diversifikasi olahan seperti Abon, Bakso, dan olahan lainnya tentunya tanpa mengabaikan mutu dan higiensi pangan”, ujarnya.

Ditambahkan H. Haryanto, dalam kesempatan ini ia mengajak seluruh yang hadir untuk selalu mengkonsumsi ikan dalam berbagai olahan menu masakan Ikan, Ia berharap melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan konsumsi ikan.

“Selain dampak positif, juga berdampak pula pada kesehatan, kecerdasan anak anak kita dan generasi Kabupaten Lahat yang bercahaya. Untuk itu dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim acara safari GEMARIKAN tahun 2023 secara resmi saya nyatakan dibuka”, ungkapnya. (lh)