PALEMBANG | Populinews.com – Gubernur Sumsel meminta semua Kabupaten dan Kota memastikan seluruh Puskesmas dan fasilitas kesehatan tingkat I di wilayahnya masing-masing, untuk melayani masyarakat ber-KTP Sumatera Selatan yang akan berobat.

Pernyataan ini disampaikan gubernur saat menghadiri Rapat Koordinasi untuk Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional Bagi Penduduk Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja dengan Manfaat Pelayanan di Ruang Perawatan Kelas III yang didaftarkan oleh Pemprov Sumsel Tahun 2023, di Griya Agung, Jumat (8/9/2023).

HD mengatakan Launching Universal Health Coverage (UHC) dengan program Sumsel Berkat “Berobat Pakai KTP” ini bertujuan untuk membantu masyarakat Sumatera Selatan yang belum memiliki jaminan kesehatan agar dapat mengakses pelayanan kesehatan dengan mudah.

“Agar program tersebut dapat berjalan dengan lancar diharapkan kepada Pemerintah Kabupaten /Kota se Sumsel memastikan seluruh puskesmas fasilitas kesehatan tingkat I di wilayahnya masing-masing melayani masyarakat ber-KTP Sumatera Selatan yang akan berobat” ujar HD.

Ditambahkan HD, perlu menjadi perhatian, bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang telah didaftarkan oleh pemerintah kabupaten/kota di tahun 2023, maka tidak boleh dialihkan ke kepesertaan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Provinsi.

“Semoga Launching Universal Health Coverage (UHC) dengan program Sumsel Berkat “Berobat Pakai KTP” yang akan segera dilaksanakan dapat berjalan lancar dengan dukungan semua pihak” harap HD.

Turut Hadir Deputi BPJS Kesehatan Wilayah III (Sumsel, Kep. Babel & Bengkulu) Yudi Bastia, Para Ka. OPD Prov Sumsel. (agt/hms)