PALEMBANG | Populinews.com – Gubernur Sumsel H Herman Deru HD menegaskan diklat dibutuhkan untuk mencetak sumberdaya ASN yang handal dengan latar belakang yang berbeda. Dan ASN perlu melakukan pengembangan diri setiap saat seiring regulasi yang berubah dan permintaan peningkatan kompetensi.

Pernyataan ini disampaikan gubernur saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur se-Sumatera Selatan Tahun 2023 di Aula BPSDMD Sumsel, Senin (11/9/2023).

Dikatakan Badan Pembersayaan Ssumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) harus menjadi sarana bagi ASN untuk berani berkompetisi dan berinovasi. Namun Inovasi yang telah ada juga perlu ditingkatkan. Jangan hanya menunggu aplikasinya tapi bagaimana implementasinya dan dapat bermanfaat di masyarakat.

“Saya ingin ada upgrading di setiap job dalam setiap OPD. BKD dan BPSDMD bekerjasama menanyakan ke OPD butuhnya apa. Satukan program visi dan misi kab/kota di Sumsel untuk menjadikan SDM yang berkualitas melalui kapasitas building,” pintanya.

HD berharap melalui kegiatan ini, BPSDMD dapat merekonstruksi menjadi lebih baik lagi. Sehingga dapat menghasilkan banyak SDM berkualitas.

Kepala BPSDM Sumsel, Prof Dr Edwar Juliarta, melaporkan kegiatan ini bertujuan untuk mensinkronkan dan meningkatkan kualitas program perencanaan pengembangan kompetensi SDM di Sumsel, serta meningkatkan koordinasi dan percepatan tata kelola SDM di Sumsel.

“BPSDMD siap diarahkan dan juga bekerja sama untuk membangun daerah bersama,” ujarnya.

Kepala Lembaga Administrasi Negara RI, Dr Adi Suryanto mengatakan BPSDMD bisa menjadi learning center bagi ASN se-Sumsel. Dengan cara menyamakan visi bersama untuk menjadikan BPSDMD sebagai hak learning center se-Sumsel. Dimulai dengan tata kelola managemen yang baik dari penyelenggara, peserta dan widyaiswara.

Menurutnya, Pengembangan kompetensi adalah hak PNS. Seperti yang disampaikan pada pidato Presiden RI bahwa lembaga pendidikan dan pelatihan harus didukung untuk melakukan pembenahan secara besar-besaran. ASN Indonesia berhak mendapatkan proses pembelajaran terbaik dari sumber terbaik.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan Penandatangan kesepakatan bersama BPSDMD Provinsi Sumsel, BPSDMD Kemendagri, LAN RI dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di Sumsel. Turut hadir Para Kepala OPD Sumsel. (agt/hms)