PALEMBANG | Populinews.com – Baznas yang semula berkantor di ruangan di Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang Jalan Merdeka, mulai Selasa (12/9/2023) pindah markas menempati gedung baru.

Gedung yang dulunya difungsikan sebagai gedung (Unit Pelayanan Tehnis) UPT Dinas Pendidikan Kota Palembang Jalan A Rivai Kecamatan Bukit Kecil kini diresmikan Wali Kota Palembang H Harnojoyo didampingi Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda untuk dipakai pinjamkan menjadi Kantor Baznas.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, kini Baznas memiliki gedung yang lebih baik berada di etalase kota.

“Ini dambaan Baznas Palembang untuk memiliki gedung yang lebih bagus dari kantor lama dan memudahkan masyarakat untuk mendapat informasi,” kata Harnojoyo.

Harnojoyo mengakumulasikan jika seluruh abdi negara di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menyalurkan zakat melalui Baznas angka yang didapat sangat fantastis.

“Kalau seluruh pegawai menyalurkan zakatnya melalui Baznas bisa kita hitung bisa mencapai Rp 2,3 Miliar, bahkan bisa akan bertambah jika Baznas menyasar seluruh Badan Usahan Milik Daerah (BUMD) yang ada. Saat ini baru Perusahaan Daerah Air Minun (PDAM) Tirta Musi Palembang yang menyalurkan zakat dan Infaknya melalui Baznas Kota Palembang,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Palembang Kgs Ridwan Nawawi mengatakan, menempati fasilitas yang disediakan Pemkot Palembang itu menjadi dorongan bagi Baznas Palembang untuk dapat lebih berkembang.

Bahkan Baznas Palembang mematok target di 2024 sejumlah program ungulan yang telah masuk perencanaan yang matang 2024 selaian bedah rumah bagi warga yang kurang beruntung.

“Tahun ini kita dapat hibah tanah di Kecamatan Alang Alang Lebar (AAL) yang akan diperuntukan sekolah sehat dan cendikiah Baznas,” ungkapnya.

Ia menuturkan, pada tahun depan juga akan ada program literasi Baznas yang mengajak anak SD MI, SMP dan MTS untuk berinfak untuk disalurkan bagi siswa yang kurang mampu.

“Baznas menargetkan ditahun 2023 ini zakat dan infak sebesar Rp 7 M yang mana hingga saat ini telah tercapai Rp 4 M yang juga akan menyasar selain ASN yakni Honor Daerah,” katanya.

Dikesempatan itu juga disela sela peresmian gedung baru Baznas Palembang melakukan penyerahan hasil audit Baznas Palembang Tahun 2022, serta penyerahan santunan untuk penggali kubur, bilal mayit, marbot masjid dan santunan lansia 2023. (ril)