PALEMBANG | Populinews.com – Gubernur Sumsel H Herman Deru mengapresiasi para inovator yang telah memberikan kontribusi dalam kemajuan daerah di Provinsi Sumsel.

“Saya terkesima malam hari ini didengungkan orang-orang- orang hebat yang punya inovasi luar biasa. Bisa dibayangkan hampir 9 juta penduduk Sumsel hanya bapak-ibu yang dinobatkan sebagai invator dalam kemajuan Provinsi Sumsel,” kata Herman Deru pada saat acara Anugerah Inovator Provinsi Sumsel Tahun 2023 di Griya Agung Palembang, Jumat (22/9).

“Saya berkeyakinan tujuannya dari itu adalah sebuah keikhlasan dengan memberikan pemikiran, tenaga dan jiwa raga untuk berkontribusi langsung terhadap perubahan-perubahan bagi pembangunan di Sumsel,”ungkapnya.

Tak hanya itu, HD tidak menyangka dirinya dinobatkan sebagai Dewan Pembina Inovator oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian.

“Benar-benar saya tidak mengetahui itu, bahwa baru malam ini saya tau dinobatkan. Artinya kita tidak mengejar penghargaan tapi kita kerja sesuai dengan amanah dan tanggung jawab yang diberikan,”katanya.

Baca Juga : HD Apresiasi Program Dapur Masuk Sekolah Inisiasi Pangdam II Sriwijaya

Seperti lanjut Herman Deru inovasi yang berupa meterial dan non material seperti perubahan mindset salah satunya Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang mana dari pembeli menjadi pemghasil.

Herman Deru tegaskan bahwa penghargaan yang sudah berjalan tiga tahun dari tahun 2020 hingga 2023 hal ini dilakukan agar menjadikan Provinsi Sumsel sebagai wadahnya inovator.

Makanya Herman Deru berharap penghargaan yang di dlberikan ini dapat memantik para generasi-generasi muda agar dapat membuat inovasi-inovasi.

“Saya harap ikhlaskan inovasi yang dihasilkan ini agar dapat di masifkan ataupun diterapkan ditengah-tengah masyarakat sehingga benar-benar bermanfaat tanpa adanya tuntutan dari para inovator itu sendiri,”pungkasnya.

Sementara itu, Laporan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumsel, H. Alamsyah menyebutkan jumlah penerima penghargaan sebanyak 49 orang dengan 16 Kategori.

Turut hadir Ketua Tim PKK Sumsel, Hj Feby HD , Sekda Sumsel, SA Supriono, FKPD Sumsel, Bupati Kabupaten Lahat, Cik Ujang, Pj. Bupati OKU, Teddy Meilwansyah, Wakil Bupati Ogan Ilir, H Ardani, dan Ketua TP PKK Kabupaten/Kota. (agt/hms)