MUARA ENIM | Populinews.com – Pemerintah Kabupaten Muara Enim bersama Lembaga Jasa Keuangan (LJK) menggelar rapat koordinasi persiapan menyambut Roadshow Literasi dan Inklusi Keuangan sebagai upaya mendukung pertubuhan ekonomi di Sumatera Selatan yang ditargetkan pemerintah pusat.

Rapat koordinasi ini dipimpin oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan H Riswandar di Ruang Rapat Serasan Sekundang, Kantor Bupati Muara Enim, Jum’at (22/9/2023).

Asisten II yang didampingi Kabag Perekobang Setda meminta Kepala Perangkat Daerah yang terkait langsung dalam kegiatan ini untuk segera berkoordinasi dengan LJK serta para peserta yang terdiri dari pelaku UMKM, petani, peternak, pekebun, nelayan dan anggota TP. PKK Kabupaten Muara Enim.

Intinya, kata Riswandar, Pemkab. Muara Enim siap memfasilitasi mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) pada tanggal 5 Oktober 2023 mendatang, sampai sukses dan berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat baik itu di Kabupaten Muara Enim ataupun Provinsi Sumatera Selatan.

Sebagaimana diketahui, pertumbuhan ekonomi daerah dan pencapaian target pemerintah Pusat tentang Literasi dan Inklusi Keuangan adalah sebesar 90% pada tahun 2024. karena itu pemeirntah provinsi Sumsel telah membentuk program kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) tahun 2023.

Tim TPAKD ini keberjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 7 Sumbagsel, Ditjen Perbendaharaan Sumatera Selatan, Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Selatan, dan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) Provinsi Sumatera Selatan akan

Adapun Literasi dan Inklusi Keuangan dilakukan bagi para pelaku UMKM, petani, peternak, pekebun, nelayan, dan anggota TP. PKK Kabupaten/Kota dengan fasilitasi akses permodalan melalui kredit bunga murah atau proses cepat dengan skema Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR), KUR, dan atau KLR Klaster serta Kredit Pembiayaan Sektor Prioritas (K/PSP) Pertanian bagi pelaku UMKM,

Upaya ini kemudian dikemas dalam Roadshow Literasi dan Inklusi Keuangan di 17 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 salah satunya di Kabupaten Muara Enim.

Sementara itu, beberapa LJK seperti Bank Mandiri serta Pegadaian Muara Enim juga menyatakan siap mendukung dan menyukseskan kegiatan ini. (fal).