PALEMBANG | Populinews.com – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 Sumsel, Rabu (22/11/2023), yang dipusatkan di lapangan parkir Rumah Sakit Siti Fatimah Palembang, menjadi momen istimewa bagi Kabupatne Lahat. Sebab, pada agenda ini Kabupaten Lahat menerima 4 pengharagaan sekaligus di bidang kesehatan.

Pengharagaan yang diterima Kabupaten Lahat itu berupa Peringkat 4 terbaik Tingkat Nasional dari Kementerian Kesehatan atas nama Winda Meta Pratami, seorang Kader Posyandu Mawar Desa Muara Lawai Kecamatan Merapi Timur. Winda Meta Pratama mewakili Puskesmas ikut lomba Kader Posyanu tingkat nasinal di Jakarta pada 10 November 2023 lalu.

Sementara pada lomba Posyandu Krestif, Posyandu Mawar Kecamatan Tanjung Sakti Pumi meraih juara harapan 1 Kader Posyandu inovatif Tingkat Nasional.

Khusus untuk tingkat Provinsi Sumsel, juara pertama diraih Pos UKK Desa Serambi Kecamatan Jarai. Sedangkan Pos UKK Senabing, Desa Jaya Markatitama Kecamatan Juara 2. terbaik 3 di Sumsel laporan vaksin (Smile).

Peringatan HKN ke 59 di Sumsel ini, dihadiri langsung oleh Pj.Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni, serta semua Bupati dan Walikota se Sumsel serta para pejabat dinas kesehatan.

Bupati lahat H. Cik Ujang SH yang diwakili Kadinkes Lahat, M.Taufik Putra SKM M.Kes, MM, menjelaskan penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dan dukungan penuh dari Bupati dan Wakil Bupati Lahat.

Dikatakan, berbagai penghargaan telah diraih oleh Bupati dan Wakil Bupati Lahat di bidang kesehatan, dan tentunya penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi Puskesmas- Puskesmas lainya agar terus mengembangkan dan juga berinovasi dalam membeirkan pelayanan kepada masyarakat.

”Tentunya saya akan terus berupaya mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Lahat atau disingkat Cahaya terhadap pelayanan masyarakat di bidang kesehatan,” ujar Taufik. (lh)