PALEMBANG | Populinews.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni mengingatkan agar para kepala desa melakukan pengelolaan dana desa dengan baik dan benar, tidka menyimpang dari aturan yang berlaku.

Pernyataan itu disampaikan ketika membuka Forum Kolaborasi Pengawasan Desa Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumsel di Hotel Santika Premier Bandara, Kamis (23/11/2023).

“Ini merupakan kegiatan yang baik dalam membangun kolaborasi dalam melaksanakan pengawasan dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan desa agar terlaksana dengan baik dan akuntabel”, tuturnya.

Dilanjutkannya bahwa pengawasan berfungsi untuk memberikan petunjuk agar pengelolaan keuangan itu dapat berjalan lebih baik lagi dan sesuai dengan peraturan undang – undang yang berlaku.

“Proses ini tentu harus kita ikuti dengan baik oleh karena itu pengelola keuangan harus berjalan dengan sangat baik. Kolaborasi pengawasan merupakan komitmen kita untuk memastikan bahwa dana desa dikelola dengan benar dan tepat sasaran”, ungkapnya.

Ia juga menghimbau agar para Kepala Desa yang ada di Sumsel, semuanya harus bekerja dengan benar sesuai dengan peraturan undang – undang serta memahami aturannya.

“Karena pemahaman ini sangat penting dan diperlukan agar penggunaan anggaran bisa berjalan lebih baik, lebih efektif dan efesien. Penggunaan anggaran juga harus akuntabel. Pengawasan ini bertujuan agar kita tidak berulang – ulang diperiksa”, tuturnya.

Ia juga mendorong agar Kepala Desa diseluruh Sumsel untuk terus belajar dan mengembangkan kapasitas diri untuk memperluas wawasan yang dimiliki.

Selanjutnya Pj. Gubernur Sumsel menandatangani komitmen bersama dalam melakukan pengawasan pengelolaan keuangan dan pembagunan desa tahun 2023.

Untuk diketahui Forum Kolaborasi Pengawasan Desa Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 diikuti 144 peserta terdiri dari Sekda Kab/Kota, Kadis PMD Kab/Kota, Camat dan Kepala Desa di Sumsel.

Turut hadir Kepala Perwakilan BPKP Sumsel, Sofyan Antonius, Ak, MM, CA, Para Sekda Kab/Kota, dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel. (agt/hms)