LAHAT | Populinews.com – Bupati Lahat H. Cik Ujang.SH didampingi sesepuh, anak cucu Puyang dan masyarakat Merapi Selatan, ziarah ke makam Puyang sekaligus membaca yasin dan doa bersama di Makam Puyang Tuan Imam dan Puyang Uban di Desa Padang Kecamatan Merapi Selatan Kabupaten Lahat. Senin (04/12/2023).

Bupati Lahat H.Cik Ujang.SH mengatakan, Ziarah hari ini merupakan nazar Pak Bupati pada saat masih menjadi calon Bupati Lahat, yang mana Pak Bupati memang bernazar apabila terpilih jadi Bupati Lahat akan nyembelih satu ekor sapi bersama masyarakat Desa Padang, dan Alhamdulillah pada hari ini nazar tersebut telah dibayar.

“Langkah ini juga dijadikannya sebagai upaya gerak cepat untuk lebih kenal dan dekat dengan masyarakat sekaligus melestarikan Sejarah yang ada di Sumatera Selatan.” ujar Bupati.

Sementara itu, Suhani selaku Tokoh Masyarakat Desa Padang mengapresiasi dan mendukung kegiatan Bupati Lahat H.Cik Ujang. SH dalam Ziarah Makam Puyang ini. Sudah selayaknya Pemerintah Daerah (Pemda) ikut melestarikan dan menggaungkan kepada masyarakat maupun Generasi Muda, bahwa di Kecamatan Merapi Selatan sendiri ada tertanam Sejarah-Sejarah Leluhur.

“Artinya betul, dari awal memang sudah memiliki Sejarah yang tidak sembarangan. Generasi Muda sekarang seharusnya tahu jati diri mereka dan dari mana asal-usul mereka.” katanya.

Terakhir, Bupati Lahat juga mendengarkan sejarah silsilah (asal-muasal) adik beradik dari Puyang Tuan Imam dan Puyang Uban yang dijelaskan langsung oleh Suhani.

Kemudian usia melaksanakan ziarah, Bupati Lahat bersama sesepuh dan masyarakat Desa Padang dan sekitarnya langsung menuju panggung sekaligus silaturrahmi dan memberikan bantuan kepada kelompok tani di Kecamatan Merapi Selatan. Dan dilanjutkan dengan silaturrahmi.

Pada silaturrahmi juga hadir, Wakil Bupati Lahat H.Haryanto.SE.MM, Anggota DPRD Andi Suciptra, Ketua TP-PKK Kab.Lahat Hj.Lidyawati Cik Ujang.S.Hut.MM, TBUPP, jajaran OPD terkait, Camat Merapi Selatan, Camat Merapi Barat serta undangan lainnya. (lh)