JAKARTA | Populinews.com – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag RI mengadakan pemeriksaan Human Papilloma Virus Deoxyribonucleic Acid (HPV DNA) dan Sadanis gratis di Kantor Pusat Kemenag RI, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta.

Ketua DWP Kemenag RI, Farikhah Nizar Ali mengatakan, tes HPV DNA bertujuan untuk mendeteksi ada atau tidaknya virus HPV yang berrisiko menyebabkan penyakit menular seksual dan kanker serviks.

“Penyakit kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi paling banyak kedua di Indonesia. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh infeksi virus HPV,” jelas Farikhah, Selasa (20/2/2024).

“Target peserta 100 orang, alhamdulillah hari ini mencapai 126 orang yang mau diperiksa, melebihi target,” lanjut Farikhah.

Penasehat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut mengatakan bahwa ini adalah kali kedua DWP Kemenag mengadakan pemeriksaan gratis guna deteksi dini kanker serviks. “Pertama kali digelar pada bulan Agustus 2022, dengan tes Iva dan Sadanis sebagai upaya deteksi dini wanita Indonesia bebas kanker serviks dan payudara,” ungkapnya.

“Saat itu, total peserta sebanyak 13.079 orang di seluruh Indonesia yang dilaksanakan secara serentak. Hopefully, tahun-tahun ke depan kita bisa mengadakan hal ini secara rutin,” tutur Eny.

Kepala Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, dr. Rismasari turut mengapresiasi DWP Kemenag yang sudah rutin menyelenggarakan kegiatan tersebut setiap tahun untuk kesehatan para karyawan perempuan. “Kita sangat berterima kasih dan apresiasi. Tidak semua kementerian dan lembaga memperhatikan hal ini,” ungkap dr. Rismasari.(hms)